Solo (ANTARA) - Ratusan atlet dari berbagai negara mengikuti kejuaraan internasional antarmahasiswa se-Asia Tenggara "Sebelas Maret Cup (SMC) 2019-XI" yang digelar di GOR Sritex Arena Solo, Jumat.

Menurut ketua panitia penyelenggara Sebelas Maret Cup XI, Rizki Mica Saputra, kejuaraan karate internasional antarmahasiswa tersebut diselenggaran oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Institut Karate-Do Indonesia (Inkai) dalam rangka memperingati Dies Natalis XLIII Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

"Kejuaraan karate antarmahasiswa internasional Sebelas Maret Cup XI ini, akan berlangsung mulai Jumat hingga Minggu (10/3)," kata Rizki Mica Saputra.

Rizki Mica Saputra mengatakan penyelenggaraannya yang digelar setiap dua tahun sekali tersebut sudah dilaksanakan selama 20 tahun untuk memperebutkan Piala Bergilir Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), dan piala sebelumnya ke-10 dipegang oleh juara umum Universitas Negeri Jakarta.

Rizki Mica Saputra mengatakan kejuaraan tersebut merupakan sarana pengembangan prestasi dan sebagai tolak ukur untuk menilai perkembangan teknik karate di kancah internasional, khususnya di kalangan mahasiswa.

Sebelas Maret Cup XI, kata dia, diikuti oleh sebanyak 55 kontingen dengan jumlah peserta lebih dari 320 orang. Peserta mahasiswa ada lima negara yang mengikuti kejuaraan karate Sebelas Maret Cup XI, yaitu Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, Timor Leste, dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Dia mengatakan sebanyak 17 kelas yang dipertandingkan, dan ada tambahan nomor yakni 12 kelas Best of the Best. Kelas itu terbagi menjadi dua kategori yaitu kelas seni (kata) dan kelas tanding (komite) dengan total hadiah hingga jutaan rupiah.

Kejuaraan Sebelas Maret Cup XI mengambil tema "Brave to Break the Limit", artinya mampu untuk melampaui batas-batas yang dimiliki sehingga mampu menjadi lebih baik lagi.

Untuk meningkatkan mutu dari pertandingan karate yang diselenggarakan, kata dia, Sebelas Maret Cup XI sudah mulai mengundang wasit dari luar negeri. Dengan adanya wasit dari luar negeri diharapkan pertandingan akan lebih baik lagi.

Selain itu, kata dia, adanya wasit dari luar negeri juga menjadi salah satu daya tarik untuk para atlet baik dalam maupun luar negeri supaya berminat untuk bergabung dan mengikuti kejuaraan karate Sebelas Maret Cup XI.

Pada acara pembukaan kejuaraan Sebelas Maret Cup XI dimeriahkan dengan penampilan hiburan antara lain Kemlaka, Rowdra, Voca Erudita, All Star, Nuansa, dan Tim Performer dari Dinas Kebudayaan Surakarta.
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019