Timika (ANTARA) - Brigif 20/Ima Jaya Keramo/3 mengelar kegiatan donor darah dalam rangka menyambut HUT ke-58 Kostrad yang bertempat di aula Mako Brigif, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa.

Komandan Brigif 20/IJK/3 Kostrad Kolonel Inf Charles B. Sagala mengatakan Brigif 20 sudah menjadi bagian dari Kostrad setelah alih komando dan pengendalian pada 2018.

Dengan demikian dalam rangka memperingati HUT ke-58 Kostrad, jajaran Kostrad di Mimika menggelar sejumlah kegiatan diantaranya donor darah.

Serangkaian kegiatan menyambut HUT Kostrad di Mimika, kata Kolonel Charles, telah bergulir sejak pekan lalu yaitu dengan menggelar bakti sosial di dua tempat yaitu pembersihan sampah di pinggir jalan poros Timika-Mapurujaya, dan kerja bakti di Panti asuhan Eme Neme Yauware di km 7 distrik Wania.

Kegiatan tersebut digelar secara sederhana namun langsung bersentuhan dengan masyarakat yang ada di sekitar satuan Kostrad berada.

"Kegiatan sifatnya olahraga memang tahun belum diadakan. Hanya kegiatan yang berhubungan langsung dengan kegiatan sosial yang bersentuhan dengan masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga mengagendakan bakti sosial di sejumlah wilayah di pesisir pantai, namun kini pihaknya masih fokus di wilayah sekitar kesatuan.

"Nanti kita akan rencanakan karena tujuannya juga untuk membuat masyarakat tetapi fokus kita di sekitar kesatuan," kata Charles.

Donor darah tersebut tidak hanya melibatkan anggota Kostrad tetapi juga melibatkan sebanyak 10 anggota Brimob Mimika, lima anggota TNI AL anggota TNI dari Batalion Infanteri 754 Mimika serta tiga puluhan ibu-ibu persit.

Charles berharap agar dengan HUT ke-58, Kostrad semakin dekat dengan masyarakat, dan sekaligus bisa mengayomi masyarakat.

Dengan demikian kahadiran Kostrad bisa dirasakan secara khusus masyarakat Papua sebab menurutnya Kostrad hanya ada di wilayah Jawa dan Sulawesi. Namun Kostrad sudah ada di Papua.

Baca juga: Satgas Yonif Mekanis 413 Kostrad ke Perbatasan RI-Papua Nugini
Baca juga: Tanggulangi kebakaran hutan, pasukan Kostrad tiba di Riau
Baca juga: Ribuan personel Kostrad latihan gabungan di Baturaja

Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019