Banyak program Pak Jokowi yang jelas dan fokus pada pengembangan SDM
Wonosobo (ANTARA) - Ketua Umum Jaringan Perempuan Nahdlatul Ulama (NU) Ida Fauziah menegaskan komitmen calon Presiden Joko Widodo dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

"Banyak program Pak Jokowi yang jelas dan fokus pada pengembangan SDM," kata Ida saat memberi pengarahan dalam rapat konsolidasi Jaringan Perempuan NU Kabupaten Wonosobo di Wonosobo, Minggu.

Sejumlah program Jokowi yang berorientasi pada peningkatan SDM, menurut dia, antara lain kartu sembako, KIP kuliah, kartu prakerja, serta SDM premium.

Ia menjelaskan Kartu Sembako ditujukan bagi rakyat berpenghasilan rendah yang diharapkan dapat membeli bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Dia menilai kebutuhan dasar rakyat harus benar-benar dipenuhi oleh pemerintah.

Program itu, lanjut dia, nantinya akan berjalan beriringan dengan Program Keluarga Harapan dan Bantuan Pangan Nontunai.

Selanjutnya, kata dia, KIP Kuliah yang merupakan kelanjutan dari Kartu Indonesia Pintar (KIP).

"Program ini merupakan terbosan agar pelajar bisa menyelesaikan pendidikan tinggi tanpa terbebani biaya kuliah," kata mantan Ketua Umum Fatayat ini.

Pemerintahan Jokowi-Ma`ruf nantinya juga akan menjalankan Kartu Prakerja yang tujuannya untuk menyiapkan tenaga kerja Indonesia yang memiliki kemampuan dan keterampilan di dunia kerja.

"Pemerintah hadir untuk memberikan kemampuan dan peluang kerja melalui balai latihan kerja yang tersebar di berbagai wilayah," katanya.

Baca juga: Jokowi: SDM Indonesia bisa bersaing secara global

Baca juga: Jokowi: Perencanaan besar ke depan adalah pembangunan SDM

Baca juga: Presiden sebut akan bangun SDM pada 2019

 

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019