Banten (ANTARA News) - Calon wakil presiden, KH Ma'ruf Amin, memandang ada kecenderungan Partai Demokrat netral dalam Pilpres 2019, menyusul rekomendasi untuk Presiden Terpilih yang disampaikan Komandan Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

"Artinya kita anggap dia netral untuk memilih siapa saja yang terbaik buat warga bangsa," kata dia, di tengah kegiatan silaturahmi ke Banten, Minggu. 

Menurut dia, rekomendasi yang disampaikan AHY tidak spesifik menuju pasangan calon presiden-wakil presiden tertentu. Ulama senior ini bahkan berkata, "Karena tidak berani menyebut berarti ada kecenderungan untuk mendukung Pak Jokowi dan saya." 

Sebelumnya, AHY menyampaikan rekomendasi program-program yang dapat dijalankan presiden yang terpilih nanti.

Partai Demokrat selama ini telah menyatakan dukungan bagi pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, namun rekomendasi Partai Demokrat ditujukan bagi presiden terpilih, yang baru diketahui namanya sesudah 17 April nanti. 

Bagi kubu Prabowo Subianto, pidato AHY yang tidak spesifik menyebut nama bakal presiden terpilih hal yang biasa. Namun bagi kubu Jokowi, pernyataan bekas perwira menengah militer itu berarti tanda keretakan dalam koalisi pihak oposisi. 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019