Jakarta (ANTARA News) - Gol via tendangan bebas bek Anderson Salles menyelamatkan  Bhayangkara FC dari kekalahan saat berhadapan dengan PSIS Semarang di laga leg pertama babak 16 besar Piala Indonesia 2018-2019 di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta, Selasa, yang berakhir dengan skor 1-1.

Gol Anderson ditorehkan di menit ke-90+6'. PSIS sendiri memimpin sejak menit ke-47 setelah PSIS Semarang mencetak gol dari kaki Bayu Nugroho.

Hasil ini membuat langkah Bhayangkara untuk lolos ke perempat final Piala Indonesia 2018-2019 cukup berat. 

Mereka harus menang atau seri minimal dengan skor 2-2 ketika bertandang ke kandang PSIS di Stadion M. Soebroto, Magelang, Jawa Tengah, di laga leg kedua, jika ingin melaju ke delapan besar.

Sementara PSIS dapat lolos jika meraih hasil imbang 0-0 atau mampu menaklukkan Bhayangkara.

Bertanding di kandang lawan Stadion PTIK, Jakarta, tidak membuat PSIS gentar. Tampil tanpa pemain asing dan tidak ditemani pelatihnya Jafri Sastra, PSIS tampil solid sejak menit pertama.

Mereka menampilkan strategi bertahan dengan menumpuk hingga enam pemain di sekitar kotak penalti.

Ini membuat Bhayangkara kesulitan menembus pertahanan PSIS. Berkali-kali mendapatkan peluang, tidak ada satupun yang benar-benar membahayakan gawang PSIS yang dikawal Joko Ribowo.

Skor 0-0 bertahan sampai pertandingan memasuki masa jeda.

Di babak kedua, PSIS membuat tuan rumah terkejut setelah Bayu Nugroho mencetak gol di menit ke-47. Bayu berhasil menuntaskan serangan balik yang dibangun dari lini pertahanan.

Setelah itu, Bhayangkara terus berusaha menyamakan kedudukan. Laga berjalan sengit. Bahkan bek Jajang Mulyana sempat dibawa oleh ambulans setelah berbenturan dengan pemain lawan di menit ke-65.

Bhayangkara tampak kesulitan sampai angin segar datang ketika wasit memberikan tambahan waktu delapan menit. 

Klub berjuluk The Guardian itu pun berhasil menorehkan gol di menit ke-90+6' melalui tendangan bebas bek barunya Anderson Salles.

Tak ada gol tambahan lain di sisa waktu pertandingan. Laga pun berakhir imbang dengan skor 1-1. 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019