Siak (ANTARA News) - Bupati dua periode Pemerintah Kabupaten Siak, Syamsuar berpamitan kepada Aparatur Sipil Negara setempat jelang dirinya akan dilantik dilantik menjadi Gubernur Riau Periode 2019-2023 pada 19 Februari ini.

"Saya ucapkan terimakasih atas dukungan dari seluruh ASN selama saya menjabat. Tanpa dukungan saudara-saudara saya tidak akan berhasil memajukan daerah," kata Syamsuar di Siak, Senin.

Hal itu disampaikannya saat Syamsuar memberikan arahan kepada para ASN saat memimpin apel pagi bersama di Halaman Kantor Bupati Siak, Komplek Perkantoran Tanjung Agung. Selanjutnya dia juga memohon maaf kepada seluruh jajarannya apabila dirinya pernah marah dan memberikan teguran.

Sebab sebagai pemimpin menurutnya bertanggungjawab bukan saja kepada rakyat, tapi juga kepada Allah SWT. "Bila saya pernah marah dan menegur saudara, itu bagian dari tanggungjawab saya selaku pemimpin karena itu pada saat ini saya mohon maaf lahir dan batin," sebutnya.

Di hadapan ratusan ASN, Syam menyampaikan kilas balik perkembangan pembangunan infrastuktur, pendidikan, pertanian, peningkatan Sumber Daya Manusia dan kesehatan. Hal tersebut merupakan prioritas pembangunan selama ia menjadi pimpinan dua periode di negeri istana itu bersama Wakil Bupati, Alfedri.

Lebih lanjut dia mengklaim selama dirinya berkunjung ke sejumlah daerah di Riau, infrastruktur Kabupaten Siak masih lebih baik jika dibandingkan sejumlah daerah lain. "Kalau bicara infrastruktur Siak lumayan lebih baik dari pada daerah lain yang pernah saya kunjungi," terangnya.

Syamsuar terpilih menjadi Gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Riau tahun 2018 lalu. Dia berpasangan dengan Edy Natar Nasution yang merupakan Mantan Komandan Korem 031/Wirabima.

DPRD Siak juga telah menggelar paripurna pengumuman pengunduran diri Syamsuar. Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan menyampaikan dalam hal ini Wabup Siak, Alfedri dengan sendirinya akan menjadi bupati terhitung Syamsuar dilantik.

"Kami usulkan Alfedri sebagai Bupati detinitif Siak sisa masa jabatan 2016-2021 begitu dengan dilantiknya Gubernur Riau terpilih masa jabatan 2019-2024," ungkapnya.

Baca juga: Jokowi diharapkan jadi Presiden RI pertama kunjungi Istana Siak

Pewarta: Fazar Muhardi/Bayu Agustari Adha
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019