... Saya memerintahkan seluruh komandan Kodim di jajaran Kodam I/BB untuk menghadirkan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di wilayah teritorialnya masing-masing...
Medan (ANTARA News) - Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah, menegaskan, institusi TNI ikut membantu pemda mencegah peredaran narkoba dan menghadirkan Desa Bersinar untuk menyelamatkan generasi muda penerus bangsa dari dampak buruk narkoba.

"Saya memerintahkan seluruh komandan Kodim di jajaran Kodam I/BB untuk menghadirkan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di wilayah teritorialnya masing-masing," kata Fadhilah, pada acara pencanangan Desa Bersinar di Dusun I Desa Rantau Panjang, Kecamatan Pantau Labu, Kabupaten Deliserdang, Senin.

Sebagai panglima Kodam I/Bukit Barisan, dia mengapresiasi program yang telah digagas Kodim 0204/Deli Serdang bekerja sama dengan BNN, pemerintah daerah, masyarakat dan keluarga dengan membuat program pencanangan Desa Bersih serta bebas narkoba.

"Ini sekaligus sebagai wujud kepedulian kita dalam menyelamatkan? generasi muda dan bangsa dari kehancuran akibat pengaruh narkoba," ujar dia.

Ia menyebutkan, kegiatan semacam ini sangat bagus dan diharapkan dapat menjadi pilot project untuk dilaksanakan di daerah lain di wilayah Indonesia.

Program Desa Bersih Narkoba adalah implementasi nyata yang dapat dilaksanakan secara bersama-sama dengan melibatkan para mantan pengguna narkoba, generasi muda, pelajar dan segenap komponen bangsa lainnya.

"Namun diharapkan program ini tidak hanya bersifat seremonial belaka, akan tetapi berlanjut dengan program-program yang telah disusun," ucap jenderal bintang dua itu.

Ia menjelaskan, perlu konsistensi dan kontribusi nyata semua pihak yang terkait di dalamnya.

"Adakan evaluasi secara periodik guna memperbaiki dan menyempurnakan kekurangan, serta kelemahan yang ada. Dan pada akhirnya Desa Bersih Narkoba benar-benar nyata dan wujudnya terlihat," kata Fadhilah.

Hadir pada acara tersebut Kepala BNN Sumatera Utara, Brigadir Jenderal Polisi Marsauli Siregar, Komandan Korem 022/Pantai Timur, Kolonel Infantri R Wahyu Sugiarto, Komandan Kodim 0204 Deli Serdang, Letnan Kolonel Kavaleri Syamsul Arifin, Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan, dan para komandan Kodim sejajaran Korem 022/Pantai Timur.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019