Jakarta (ANTARA News) - Dua lagu R Kelly "I Believe I Can Fly" dan "Ignition" kembali masuk ke Top Lagu R&B Digital di tangga lagu Billboard 200, diduga karena tayangan dokumenter "Surviving R Kelly" yang tayang awal Januari.

Lagu "Ignition" menduduki peringkat ke-12, posisi terbaik setelah menyabet urutan ke-9 selama dua minggu penuh pada April 2013, dilansir Billboard, Sabtu.

Lagu itu mengalami peningkatan 191 persen dari pekan ke pekan penjualan dan sudah diunduh 2.000 kali hingga 10 Januari, ungkap Billboard mengutip Nielsen Music. Hal itu juga menjadi penjualan terbaik dalam dua tahun sejak 12 Januari 2017.

Lagu "Ignition" adalah single utama dari album R.Kelly yang berjudul "Chocolate Factory" (2003). Lagu itu bertengger di urutan 2 Billboard Hot 100 saat itu, kalah dari "In Da Club" milik 50 Cents.

Meski "Ignition" tak kembali ke tangga lagu  R&B Streaming Songs, namun jumlah orang yang memutar lagu itu dari internet mencapai 3,1 juta orang di Amerika Serikat lewat layanan streaming.

Sementara lagu Kelly lainnya, “I Believe I Can Fly” juga mengalami kenaikan dengan menempati urutan ke-16 di R&B Digital Song Sales.

Lagu yang jadi soundtrack film "Space Jam" (2016) itu bertengger di urutan kedua tangga lagu Hot 100 selama empat minggu, dikalahkan "Un-Break My Heart" milik Toni Braxton.

Baik lagu "Ignition" maupun "Fly" disebut secara detil di dokumenter "Surviving R.Kelly".

Baca juga: R Kelly dikeluarkan dari label rekaman

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019