Jakarta (ANTARA News) - PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Avanza terbaru dengan penampilan yang diklaim semakin modern dan stylish, dijual dengan rentang harga Rp188,6 juta hingga Rp221,2 juta untuk Avanza, sedangkan Veloz mulai Rp215,6 juta sampai Rp239,4 juta.

Terdapat sejumlah penyegaran dalam tampilan terbaru mobil unggulan Toyota di segmen low MPV (multi purpose vehicle) tersebut, terutama pada bagian muka, belakang, kaki-kaki, serta beberapa sudut pada interior.

"Sejumlah penyegaran yang dilakukan pada New Avanza dan New Veloz akan memberikan nilai tambah lebih kepada konsumen," ujar President Director PT (TAM) Yoshihiro Nakata, dalam peluncuran Avanza dan Veloz baru di Jakarta, Selasa.
.
Perubahan mencolok pada tampilan Avanza baru terlihat pada bagian muka, di mana empat lampu headlamp yang sudah menggunakan lampu LED tampil dengan desain bertingkat seperti terbelah. Tampilan tersebut diklaim membuat Avanza baru terlihat lebih kokoh, stylish dan modern.

Selain itu, Avanza baru juga hadir dengan fender lebar serta bumper depan yang disebut lebih berkarakter dibanding Avanza sebelumnya, dipadu dengan desain rumah lampu kabut yang memiliki desain lebih kuat dan modern. 
 
Tampilan Avanza Veloz baru yang diluncurkan PT Toyota-Astra Motor di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa 15/1/2019 (ANTARA News/Fathur Rochman)


Sementara pada Veloz baru, tampilan lebih segar terlihat pada bagian grill yang mengusung desain trapesium, membuat tampilan mobil varian tertinggi pada keluarga Avanza itu terlihat lebih kokoh dan stylish.

Pada bagian belakang, tampilan Avanza dan Veloz baru tampak lebih lebar berkat desain lampu belakang yang baru serta adanya plat chrome yang didesain melebar.
 
Tampilan Avanza Veloz baru yang diluncurkan PT Toyota-Astra Motor di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa 15/1/2019 (ANTARA News/Fathur Rochman)


Pada sektor kaki-kaki, terdapat penyegaran pada bagian roda (velg) yang membuat penampilan Avanza  dan Veloz baru menjadi lebih mewah. 

Selain itu, baik Avanza dan Veloz baru juga mengalami ubahan program pada Electric Power Steering, diklaim membuat kedua varian mobil tersebut lebih nyaman dikendarai baik dalam kecepatan rendah maupun tinggi.

Pada bagian interior terdapat penyegaran di sejumlah bagian, seperti pengaturan pendingin udara (AC) yang sudah menggunakan remote control serta console box yang telah dilengkapi illumination lamp, power slot (baris satu dan dua) dan port USB pada baris ketiga.
 
Tampilan Avanza Veloz baru yang diluncurkan PT Toyota-Astra Motor di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa 15/1/2019 (ANTARA News/Fathur Rochman)


Avanza dan Veloz baru pun mendapat suntikan sejumlah fitur anyar, seperti penggunaan teknologi smart entry dan desain outer mirror yang kini hadir dengan fitur retractable auto folding.  

Semua varian Veloz kini juga menggunakan fitur teknologi lampu Follow Me Home Light yang memberikan pencahayaan saat malam hari untuk pemilik kendaraan pada saat memasuki hunian.

Head unit pada semua varian New Veloz dan sebagian New Avanza menggunakan teknologi touchscreen, steering switch. Disamping itu, semua varian menggunakan sistem audio dengan 6 speaker. 
 
Tampilan Avanza Veloz baru yang diluncurkan PT Toyota-Astra Motor di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa 15/1/2019 (ANTARA News/Fathur Rochman)


Selain itu, untuk semua varian Veloz dan Avanza 1.5 G, head unit, security system back sensor, dan outer mirror-nya juga telah menggunakan integrated system. 

Avanza dan Veloz baru juga diklaim lebih senyap dibandingkan pendahulunya, karena improvement pada insulator yang diletakkan di sasis bagian belakang, floor serta dash panel bagian depan, sehingga suara menjadi kian kedap.

Untuk fitur keselamatan Avanza dan Veloz baru dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, ABS (Anti-Lock Braking System), ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam, dan Front Passenger Seat belt Warning.

"Sentuhan yang kami berikan pada New Avanza dan New Veloz senantiasa didasarkan kebutuhan pasar, kata Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto.

Avanza baru hadir dengan tujuh pilihan warna yakni Dark Blue, Bronze, Dark Red Mica Metallic, Grey Metallic, Black Metallic, Silver Metallic dan White. Sementara Veloz baru menawarkan empat warna pilihan, yaitu Dari Red Mica Metallic, Black Metallic, Silver Mica dan White.

Adapun terkait mesin, varian dan harga, tidak ada perubahan dengan generasi Avanza dan Veloz terdahulu. Berikut rincian varian dan harga Avanza dan Veloz baru.

Avanza
Avanza 1.3 E STD M/T : Rp188.600.000
Avanza 1.3 E STD A/T : Rp199.800.000
Avanza 1.3 E M/T: Rp191.100.000
Avanza 1.3 E A/T: Rp202.300.000
Avanza 1.3 G M/T: Rp208.950.000
Avanza 1.3 G A/T : Rp219.650.000
Avanza 1.5 G M/T : Rp221.250.000

Veloz
1.3 Veloz M/T : Rp215.650.000
1.3 Veloz A/T : Rp227.450.000
1.5 Veloz M/T : Rp227.650.000
1.5 Veloz A/T : Rp239.450.000

Baca juga: Mitsubishi sebut Avanza bukan pesaing berat Xpander tahun depan

Baca juga: Duet Avanza-Xenia meluncur awal 2019?
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019