Mengawali tahun baru ini, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk ke 49 kalinya berpartisipasi pada Vakantibeurs...
London (ANTARA News) - Indonesia berupaya menjaring wisatawan Belanda yang ingin berlibur pada musim panas dengan melakukan promosi pada pameran pariwisata terbesar di Belanda, Vakantibeurs, yang berlangsung di Utrecht pada 9 -13 Januari 2019.

"Mengawali tahun baru ini, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk ke 49 kalinya berpartisipasi pada Vakantibeurs, ajang promosi pariwisata terbesar di wilayah Benelux, dalam upaya menarik wisatawan Belanda berlibur pada musim panas," kata Asdep Pemasaran Regional IV/Eropa Kemenpar, Agustini Rahayu, kepada Antaranews London, Rabu.

Dikatakannya, Belanda merupakan salah satu dari lima pasar utama di Eropa yang diharapkan dapat memberikan kontribusi jumlah wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 310.000 dari target 20 juta di tahun 2019.

Menurut dia, tahun lalu Vakantiebeurs diikuti oleh 1.126 peserta dan dihadiri 105.369 pengunjung dari 119 negara dengan skema dua hari pameran untuk antar-pebisnis dan tiga hari untuk konsumen.

Ia mengatakan tahun ini animo semakin besar dan Indonesia dalam hal ini Kemenpar memfasilitasi 21 industri pariwisata, terdiri dari 11 travel agent/tour operator, 10 hotel/akomodasi, dua organisasi kepariwisataan, dan Garuda Indonesia.

Dalam rangkaian promosi di ajang ini, media workshop merupakan salah satu acara yang sangat dinantikan peserta untuk memberikan informasi mengenai up and rising destination yang menjadi highlight tahun 2019.

Untuk menjaga jalinan hubungan dengan kalangan industri pariwisata Indonesia dan Belanda, Kemenpar memfasilitasi temu ramah dan jejaring yang akan dihadiri mitra bisnis Kemenpar dan co-exhibitor yang tergabung di Paviliun Indonesia.

Agustini Rahayu mengatakan fasilitasi pemantapan hubungan bisnis ini digunakan sebagai kesempatan untuk menyampaikan informasi mengenai proses pemulihan destinasi pariwisata yang terdampak bencana alam seperti Lombok.

Selain membagi informasi kesiapan Indonesia menerima wisatawan serta penyampaian program promosi Wonderful Indonesia di Belanda, Kemenpar juga menyampaikan strategi baru yang lebih segar melalui tourism hub.

Dalam Vakantibeurs, Kemenpar menampilkan unjuk budaya dalam pertunjukan tarian, karnaval, musik, dan henna, serta pemutaran film yang mengajak pengunjung untuk mengeksplorasi keindahan alam, kesenian dan kerajinan yang unik, musik yang khas, kekayaan gastronomi dan destinasi wisata.

Kemenpar juga menyajikan hospitality corner yang merupakan cerminan keramahan masyarakat Indonesia dengan sajian makanan khas, kopi, dan minuman tradisional kepada pengunjung, sebagai pengalaman kecil untuk mengetahui Indonesia.

Baca juga: Jakarta harus gencar kembangkan wisata halal

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019