Jangan ragu untuk memilih UI dan FKUI karena biaya yang murah, bahkan bisa tanpa membayar untuk menjadi dokter ...
Jakarta (ANTARA News) - Uang kuliah di Faktultas Kedokteran di Universitas Indonesia (UI) terbilang murah, bahkan bisa tidak membayar atau nol rupiah.

"Untuk kelas reguler untuk kelas reguler Uang Kuliah Tunggal UI  termasuk paling murah, termasuk untuk masuk Fakultas Kedokteran," ujar Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari F Syam di Jakarta, Senin.
     
Uang Kuliah Tunggal (UKT) kelas reguler  FKUI terdiri atas beberapa tingkatan sesuai dengan penghasilan orang tua. Orang tua bisa minta keringanan untuk biaya kuliah. "Bahkan UKT bisa tidak bayar atau nol rupiah atau UKT1 mulai Rp0-Rp500.000," kata dia.
   
Sementara untuk kelas reguler paling mahal atau UKT C hanya membayar Rp15 juta. Ari membandingkan dengan universitas negeri lain, umumnya UKT termahal  bisa mencapai 50-100 persen lebih mahal dari biaya kuliah termahal di FKUI.
     
"Menjadi dokter di UI saja, lebih murah daripada  PTN ternama lainnya, apalagi dibandingkan dengan di FK  PTN lain atau FK PTS," kata dia.
   
Karena itu, dia meminta siswa luusan SMA sederajat tidak ragu untuk masuk ke FKUI. Untuk mahasiswa yang tidak mampu, FKUI melalui ILUNI dan Program Orang Tua Asuh serta Perkumpulan Penyantun Kesejahteraan Mahasiswa memberikan beasiswa dalam bentuk bantuan hidup setiap bulan
   
"Jangan ragu untuk memilih UI dan FKUI karena biaya yang murah, bahkan bisa tanpa membayar untuk menjadi dokter dari  FKUI. Siapapun bisa menjadi dokter dari universitas 10 terbaik di Asia Tenggara saat ini," kata Ari. 
Baca juga: Dekan FKUI: Pengungsi anak dan lansia perlu diberikan suplemen
Baca juga: FKUI kirim dokter bantu korban tsunami Selat Sunda
Baca juga: FKUI pimpin asosiasi kedokteran dunia wilayah Asteng

Pewarta: Indriani
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019