Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 150 personel gabungan dari kepolisian hingga Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama turut mengamankan prosesi misa Natal di Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) Immanuel, Gambir, Jakarta Pusat.

"Ada dari Banser (NU) sekitar 18 personel, Brimob 45 personel," kata Kepala Pengamanan Objek Gereja GPIB Immanuel Komisaris Fariyal di Jakarta, Senin.

Selain dari Brimob Polda Metro Jaya, dan Banser NU, petugas gabungan di gereja tersebut juga diperkuat dengan 30 personel Unit Sabhara Polda Metro Jaya, 15 personel Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, 10 personel dari Polsek Gambir dan Polres Jakarta Pusat, 20 orang dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Satpol PP serta 12 personel dari Komando Distrik Militer Jakarta Pusat.

"Untuk personel cadangan, kami juga masih siapkan dengan titik kumpul di Monas," ujar dia.

Kendaraan taktis pengamanan pun sudah disiapkan, di antaranya satu unit mobil Barracuda Brimob

Fariyal mengatakan hingga Senin sore kondisi dan situasi GPIB Imannuel, Gambir, masih aman dan terkendali. GPIB Immanuel menyelenggarakan misa malam natal sebanyak tiga kali yakni pukul 17.00 WIB, 19.00 WIB, dan 21.00 WIB.

Hingga Senin sore pukul 17.00, sebanyak 280 jemaat Misa Natal sudah memasuki GPIB Immanuel untuk beribadah.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Senin malam ini dikabarkan akan mengunjungi beberapa gereja di Jakarta untuk meninjau pelaksanaan Ibadah Misa, salah satunya GPIB Immanuel, Gambir.

Baca juga: Banser siap bantu pengamanan Natal dan Tahun Baru
Baca juga: 1.840 personel gabungan amankan Natal di Jakarta Selatan

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018