Kediri (ANTARA News) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, meluncurkan "E-suket", sebuah aplikasi berbasis teknologi informasi untuk pengajuan surat keterangan yang dioperasionalkan di seluruh kecamatan dan kelurahan.

"Ini surat keterangan daring. Untuk program ini, bagi yang mempunyai pekerjaan dan tidak bisa ditinggal cukup lewat daring dan besoknya sudah selesai," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Kediri, Kamis.

Ia mengatakan program ini sengaja dibuat oleh pemerintah kota sebagai bentuk pelayanan ke masyarakat sehingga mereka tidak perlu antre dan menunggu terlalu lama untuk memperoleh surat keterangan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri Harris Chandra Purnama mengatakan program ini masih perlu sosialisasi ke masyarakat.

Mereka bisa memanfatkan telepon pintar yang dimiliki untuk pengurusan surat keterangan lewat dalam jaringan tersebut.

Haris menyebut, dalam menjalankan program ini akan dibantu oleh tenaga teknologi dan informasi.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri sebelumnya sudah melakukan perekrutan tenaga tersebut yang akan diperbantukan di setiap kelurahan dan kecamatan di Kota Kediri.

"Setiap kelurahan satu orang ditambah tiga di tingkat kecamatan. Saat ini kami masih sosialisasi program `E-suket` itu, sehingga saatnya Januari 2019 mereka di kelurahan bisa melaksanakan," kata dia.

Haris menyebut, ada 15 surat keterangan yang bisa diunggah lewat program itu, misalnya surat keterangan dari kelurahan.

"Nantinya tinggal memasukkan NIK dan data bisa langsung terkoneksi, lalu diambil ke kelurahan. Namun, jika hendak diantar, juga bisa dilakukan," katanya.

Pihaknya menyebut, sebelum peluncuran program ini, sejumlah kelurahan sudah melakukan uji coba dan berhasil, misalnya Kelurahan Pojok, Setonopande, Balowerti dan sejumlah kelurahan lainnya.

Dia berharap dengan program ini diharapkan masyarakat lebih terbantu dan pelayanan lebih optimal.

Baca juga: Kendari kembangkan sistem pelayanan berbasis android

Baca juga: Cirebon luncurkan aplikasi mudahkan pelayanan masyarakat

Pewarta: Destyan Hendri Sujarwoko/Asmaul Chusna
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018