Palangka Raya, 14/12 (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyerahkan dana sebesar Rp5 miliar kepada Pemprov Sulawesi Selatan, untuk membantu meringankan beban masyarakat terdampak musibah gempa bumi dan tsunami yang terjadi belum lama ini.

"Sebenarnya penyerahan bantuan berupa uang itu akan langsung dilakukan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, tetapi karena ada kegiatan yang mendadak, penting dan tidak bisa ditinggalkan, akhirnya kami yang mewakili beliau," kata Kepala Badan Keuangan Daerah (BPBD) Kalteng Nuryakin, melalui rilis di Palangka Raya, Jumat.

Dana sebesar Rp5 miliar yang diserahkan Pemprov Kalteng tersebut diterima langsung oleh Asisten II Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Bunga Elimsomba, di Kantor Gubernur Sulteng, Kamis (13/12).

Nuryakin mengatakan penyerahan bantuan tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Sosial Kalteng Suhaemi, Kepala Biro Kesra Setda Kalteng H Syahruddin, juga turut ikut menyerahkan langsung bantuan tersebut.

"Pada saat penyerahan itu, Pemprov Sulteng sangat berterima kasih atas bantuan pemerintah bersama masyarakat yang ada di Provinsi Kalteng. Bantuan Kalteng itu akan segera disalurkan Pemprov Sulteng kepada korban bencana," katanya.

Selain dana sebesar Rp5 miliar, keluarga besar SMA Se-Kalteng juga turut memberikan bantuan dana sebesar Rp200 juta untuk membantu para guru dan Rp100 juta memperbaiki sekolah yang terkena musibah gempa bumi dan tsunami di Sulteng.

Nuryakin mengatakan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengucapkan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat di Provinsi Kalteng, yang telah ikut berpartisipasi menyumbangkan sebagian rezekinya untuk membantu korban bencana di Sulteng.

"Harapannya bantuan yang telah diserahkan langsung kepada Pemprov Sulteng, bisa bermanfaat dan meringankan beban korban bencana alam di wilayah setempat," kata Nuryakin.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2018