Setiap khatib Jumat perlu memahami fiqih ibadah shalat Jumat dan perspektifnya menurut empat mazhab
Depok, Jabar (ANTARA News) - Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Kota Depok menggelar pelatihan khatib Jumat untuk membekali 102 kader Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di ruang Soemadipraja dan Taher Fakultas Hukum Universitas Indonesia Depok, Jawa Barat.

"Pelatihan ini ditujukan agar setiap khatib memiliki dasar pemahaman yang benar saat menjalankan tugas sakralnya," kata Ketua Umum IKADI Kota Depok, Dr H  Ahmad Badruddin di Depok, Minggu.

Menurutnya setiap khatib Jumat perlu memahami fiqih ibadah shalat Jumat dan perspektifnya menurut empat mazhab.

"Dengan pemahaman ini khatib akan bisa menyesuaikan diri dengan berbagai macam tata cara pelaksanaan shalat Jumat dan memahami betul dasar-dasar hukumnya", kata Ahmad Badruddin yang pernah menjadi duta Indonesia dalam MTQ international cabang hafiz dan tafsir yang digelar di Iran, Mesir dan Maroko.

Sedangkan Ketua Bidang Pendidikan IKADI Kota Depok, KH. Khoirul Muttaqin menguraikan tentang adab-adab yang harus dijaga saat menjadi imam dan khatib Jumat.

"Menjadi imam dan khatib Jumat tidak boleh sembarangan seperti menyampaikan kultum atau ceramah biasa karena khutbah Jumat merupakan bagian utama dari ibadah shalat Jumat secara keseluruhan," tambah Khoirul yang juga pembina Pesantren Madinatul Quran.

Baca juga: MUI: sertifikasi khatib Jumat jangan wajib
Baca juga: Anggota DPR tolak wacana usulan sertifikasi khatib


Acara pelatihan ditutup dengan penyampaian materi oleh ketua Korps Muballigh IKADI Kota Depok Dr Wido Supraha.

"Khatib juga harus mampu menyusun bahan khutbah dengan baik sekaligus menguasai teknik berbicara di depan umum agar pesannya mudah ditangkap jamaah shalat Jumat", kata Wido yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Komisi Ukhuwah MUI pusat.

Acara pelatihan ini dihadiri 102 peserta dari berbagai masjid di Kota Depok yang bertujuan meningkatkan kualitas kader masjid sekaligus mendorong kemakmuran kegiatan-kegiatan keagamaan dan ibadah kaum Muslimin.

Baca juga: Ikadi: Mensejaherakan rakyat juga bagian dari jihad
Baca juga: Ikadi: perkuat toleransi antarumat agar tidak mudah diadu domba

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018