Jakarata (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo meresmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Provinsi Papua, disambut warganet dengan
Capture #KapsulHarapanIndonesia di www.twitter.com,, Jumat (16/11/2018) (Twitter.com)

yang langsung menjadi trending topik.

Monumen ini menggambarkan tujuh mimpi anak-anak bangsa diletakan secara permanen di Monumen Kapsul Waktu Impian Indonesia di Merauke, di ujung timur Indonesia.

“Sehingga kelak di tahun 2085 dibuka oleh penerus kita. Apakah tujuh mimpi besar itu telah bisa kita wujudkan? Jadi, ini bukan semata-mata monumen biasa. Ini adalah monumen impian kita bersama,” kata Presiden ketika memberi sambutan seperti dalam keterangan yang diterima, Jumat.

Presiden menjelaskan bahwa untuk bisa dibaca, bertahan puluhan tahun, maka tujuh impian anak-anak bangsa dimasukan dalam kapsul yang bentuknya sangat futuristik.

Tujuh mimpi anak-anak bangsa dari 34 Provinsi yang ditulis dan disimpan dalam Kapsul waktu itu adalah satu, SDM Indonesia kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.

Dua, masyarakat Indonesia menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius, dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika.

Tiga, Indonesia sebagai pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia. Empat, masyarakat dan aparatur pemerintah kita bebas dari perilaku korupsi.

Lima, membangun infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia.

Enam, Indonesia sebagai negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik.

Tujuh, Indonesia sebagai barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Netizen pun langsung menyambut dengan berbagai komentar di media sosial.

Selain membicarakan bentuk  Monumen Kapsul Waktu ini seperti markas The Avengers, Netizen juga mengharap terwujudnya Indonesia menjadi negara maju.

Berdasarkan pantauan Antara, peresimian Monomen Kapsul Waktu ini tidak lama kemudian disambut tagar #KapsulHarapanIndonesia menjadi trending topik.

Salah satu warganet, Heni Unique dalam akunnya @heniunique berkomentar: "Euforia menyambut Pak Jokowi resmikan #MonumenAvengers. Monumen Kapsul Waktu menyimpan Impian Indonesia 2015-2085 dari ujung barat ke ujung timur Indonesia.Kemarin hadiri #KTTAsean pagi ini di Papua. #01indonesiaMaju
#KapsulHarapanIndonesia."

Sedangkan The Power of Emak-emak dalam akunnya @PowerEmak berkomentar: "Monumen ini menyimpan pesan-pesan dan harapan anak-anak Indonesia untuk 70 tahun ke depan, rencananya harapan yang disimpan akan dibuka pada 2085 #KapsulHarapanIndonesia."

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018