Singapura (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo membahas peningkatan kerja sama maritim untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi dan stabilitas saat jamuan pagi KTT ASEAN-India di Singapura.
   
"Kerja sama maritim adalah kunci utama kemitraan ASEAN-India. Laut yang aman adalah 'common destiny' kita," kata Presiden di Pusat Konvensi Suntec, Singapura pada Kamis.
   
   
Menurut Presiden, harapan tersebut bisa dicapai melalui penguatan kawasan Indo-Pasifik dengan mengedepankan kerja sama, konektivitas serta pembangunan berkelanjutan di sektor maritim.
   
Dalam pertemuan itu, Perdana Menteri India Narendra Modi turut hadir bersama sejumlah kepala negara maupun pemerintahan negara-negara anggota ASEAN. 

Kepala Negara menambahkan negara-negara di kawasan diharapkan tidak mengedepankan persaingan di sektor maritim.
   
"Indonesia, ASEAN, dan India memiliki shared vision kerja sama maritim dengan menekankan upaya untuk memperkuat investasi dan perdagangan, menjaga keberlanjutan sumber daya laut, dan meningkatkan keamanan maritim,” katanya.
   
Selain itu, melalui konsep kerja sama Indo-Pasifik diharapkan kemitraan ASEAN dengan India akan semakin menguat.
   
"ASEAN-India akan terus tumbuh lebih sejahtera, dan ASEAN-India dapat terus berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas dan kemakmuran kawasan," kata Kepala Negara.  
Baca juga: Presiden menghadiri KTT Ke-6 ASEAN-AS
Baca juga: Presiden Korsel menyambut baik usulan Indonesia terkait Korut

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018