Perusahaan dan asosiasi yang hadir di Shanghai itu dapat semakin dikenal di China sekaligus menghasilkan transaksi yang signifikan
Shanghai (ANTARA News) - Sebanyak 36 perusahaan dari Indonesia mengikuti Pameran Impor Internasional China CIIE di Shanghai pada 5-10 November 2018.
 
Di antara 36 daftar nama perusahaan asal Indonesia yang diperoleh Antara di Shanghai Minggu terdapat beberapa perusahaan berskala besar seperti Mayora, Indofood, Sekar Laut, dan Kapal Api.
 
Perusahaan asal Indonesia yang memboyong produknya di ajang pameran impor terbesar di daratan Tiongkok itu kebanyakan bergerak di bidang industri makanan dan minuman termasuk sarang burung walet dan produk turunannya yang mulai digemari masyarakat China serta kelapa sawit.
 
Selain 36 perusahaan terdapat 19 perusahaan asal Indonesia lainnya yang turut berpartisipasi dalam pameran tersebut termasuk perusahaan yang sedang menjajaki peluang ekspor ke China.
 
Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun berharap perusahaan dan asosiasi yang hadir di Shanghai itu dapat semakin dikenal di China sekaligus menghasilkan transaksi yang signifikan.
 
"Tentu saja kami juga berharap dapat mendongkrak ekspor Indonesia ke Tiongkok. Apalagi dengan status 'country of honor' negara kehormatandi CIIE maka gelombang pengunjung akan mengalir ke Pavilion Indonesia" ujar mantan Dubes RI untuk Rusia itu menambahkan.
 
Melalui CIIE pemerintah China memperlonggar kebijakan impor. Bahkan di ajang tersebut Kementerian Keuangan setempat memangkas tarif untuk produk-produk impor tertentu.
 
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B Panjaitan dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dijadwalkan hadir di ajang yang digelar di kota terkaya di China itu.
 
Sepekan menjelang CIIE digelar, pengamanan di Kota Shanghai diperketat. Bandar udara, stasiun kereta api, hotel dan objek vital lainnya pengamanannya digandakan.
 
Jika pada hari biasa pemeriksaan calon penumpang pesawat di Bandara Internasional Pudong dan Bandara Internasional Hongqiao dengan menggunakan pendeteksi metal hanya dilakukan sekali, maka saat ini dua kali masing-masing di pintu utama keberangkatan dan pos pemeriksaan kartu identitas calon penumpang.
 
Demikian pula dengan hotel-hotel di Shanghai yang mulai menggunakan pendeteksi metal kepada setiap pengunjung.
 
Nuansa CIIE mulai terlihat di tempat-tempat strategis dengan umbul-umbul berwarna biru muda dan maskot yang tersebar di berbagai tempat.
 
Untuk memanfaatkan momentum tersebut Alibaba Group sebagai perusahaan raksasa perdagangan elektronik e-commerce meluncurkan Paviliun Indonesia yang menjual sejumlah produk unggulan dari Indonesia di platform penjualan daring Tmall Global. 
 

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2018