Kami akan menutup fungsional Jembatan 6 Kalimalang, mulai Sabtu (6/10) hingga tiga bulan kedepan
Bekasi (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, memberlakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Jembatan 6 Jalan KH Noer Alie, Kalimalang, Bekasi Barat, mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN) pembangunan tol Bekasi, Cawang, dan Kampung Melayu (Becakayu).

"Kami akan menutup fungsional Jembatan 6 Kalimalang, mulai Sabtu (6/10) hingga tiga bulan kedepan," kata Kepala Bidang Transportasi Dishub Kota Bekasi Johan Budi Gunawan di Bekasi, Kamis.

Menurut dia, penutupan jalan tersebut dikarenakan imbas pekerjaan konstruksi Tol Becakayu berupa pemasangan pile cap di area jembatan, sehingga sebagian konstruksi jembatan harus dibongkar.

Penutupan jembatan tersebut diproyeksikan akan berdampak pada arus lalu lintas yang semua mengambil titik putaran kendaraan dari Galaxy menuju Bekasi.

"Maka PT Waskita harus membongkar Jembatan 6 agar melancarkan kelangsungan proses pembangunan Becakayu. Kita sudah negosiasi, hasilnya penutupan itu maksimal berlangsung selama tiga bulan," ujarnya.

Adapun rekayasa lalin yang diberlakukan oleh pihaknya selama penutupan Jembatan 6 di antaranya pengalihan titik putar hingga ke Jembatan Caman.

Kendaraan dari Galaxy yang ingin menuju Bekasi dan menuju Jalan tol Lingkar Luar Jakarta di Jalan KH Noer Alie atau Jakarta diharuskan berputar di Jembatan Caman.

"Untuk simpang Galaxy tidak ada perubahan sirkulasi lalu lintas. Yang berubah itu di sekitaran simpang Caman. Jadi dia hanya berfungsi sebagai putaran kendaraan dari Galaxy dan kendaraan dari Jakarta yang ingin menuju ke Jatibening," katanya.

Pihaknya telah menjalin kesepakatan dengan PT Waskita Karya selaku penggaran Tol Becakayu yang berkaitan dengan tiga hal.

"Klausul pertama, kami ingin fasilitas lalu lintas sudah disiapkan, seperti rambu-rambunya. Kedua, penerangan jalannya. Ketiga, tidak boleh ada sisa pekerjaan pada ruas jalan yang ada, semua harus dinormalkan kalau sudah selesai," katanya.

Baca juga: Kontraktor tol Becakayu turunkan elevasi kolong JORR Kalimalang
Baca juga: Dishub Bekasi perluas rekayasa lalin simpang Galaxy


 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2018