Jakarta (ANTARA News) - Donnie Brahmandika selaku Consumer Retail Enablement Manager AMD International Sales & Service Ltd, mengungkapkan sejumlah keunggulan dari teknologi hardisk SSD.

"Pertama, sunyi karena hardisk SSD tidak memiliki komponen piringan seperti hardisk konvensional, sehingga tidak menimbulkan bunyi, jadi otomatis jauh lebih sejuk," ujar Donnie dalam peluncuran Laptop HP Joy 2 di Jakarta, Selasa.

Donnie juga mengungkap, ketiadaan komponen piringan dalam hardisk tersebut membuat hardisk dengan teknologi SSD tidak akan terpengaruh, jika pemilik membawa laptop atau menggoyang-goyangkan laptop dalam kondisi sleep atau mati secara otomatis saat layar ditutup.

Keunggulan kedua, menurut Donnie ialah teknologi hardisk ini hemat daya karena konsumsi listrik yang lebih rendah dibandingkan hardisk konvensional.

"Selanjutnya keunggulan yang paling berpengaruh dari hardisk SSD ini adalah mempercepat dan jauh lebih responsif dalam memproses perintah prosesor, ketimbang hardisk konvensional," tuturnya.

Donnie menyarankan kepada para pemilik laptop, jika memiliki dana lebih, agar memperbarui hardisk laptopnya dengan hardisk berteknologi SSD dibandingkan meningkatkan kapasitas memori atau RAM.

Laptop yang baru diluncurkan secara resmi oleh HP Indonesia bersama JD.ID dilengkapi hardisk berteknologi SSD dengan kapasitas penyimpanan 128 GB.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018