Kementerian PUPR lakukan aksi bersih KBT Jakarta

Kementerian PUPR lakukan aksi bersih KBT Jakarta

Peringatan Hari Habitat Dunia 2015 Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (kanan) memberikan arahan dalam peringatan Hari Habitat Dunia 2015 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/10). Presiden meminta pemda untuk membangun ruang terbuka publik yang dapat digunakan masyarakat untuk melakukan aktivitasnya, serta dapat dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan masyarakat untuk berinteraksi, dan melakukan kegiatan sosial. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)



Jakarta  (ANTARA News) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) melakukan aksi bersih-bersih di Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta Timur, dalam  rangkaian perayaan Hari Habitat Dunia.

"Kegiatan ini melibatkan anggota TNI, Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur dan Unit Pelaksana Kerja Badan Air," kata Kepala BBWSCC Bambang Hidayah dalam rilis di Jakarta, Selasa.

Bambang memaparkan, kegiatan ini dilakukan di seluruh wilayah Indonesia untuk menyambut Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia 2018 yang diperingati setiap Senin di pekan pertama Oktober.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, mengangkat tema "Bersih Lingkunganku, Bening Airku, Tangguh Kotaku".

"Pada tahun 2018, peringatan Hari Habitat Dunia di Indonesia akan dilaksanakan melalui berbagai acara termasuk salah satunya Kegiatan Gerakan Indonesia Bersih yang dilaksanakan serentak di seluruh Kabupaten/Kota mulai 28 September-3 Oktober 2018," kata Bambang.

Ia juga menuturkan, awalnya direncanakan acara puncak Hari Habitat Dunia di Indonesia akan diselenggarakan di Kota Palu pada 30 September-3 Oktober 2018, namun karena adanya tragedi gempa dan tsunami, kegiatan tersebut harus dibatalkan.

Baca juga: Hari Habitat Dunia dipusatkan di TPA Kawatuna
Bambang mengatakan, kegiatan bersih-bersih ini bisa dilakukan di sungai, embung, situ dan lainnya.

"Dengan kegiatan ini kami berharap masyarakat bisa ikut peduli terhadap lingkungan dan dapat menjadi upaya dukungan mengurangi limbah padat sebagai bentuk konkrit menjaga keseimbangan lingkungan," ujarnya.

Bambang berharap kegiatan Indonesia Bersih tak hanya dilakukan saat peringatan hari habitat dunia dan hari kota dunia saja, tetapi kegiatan Indonesia Bersih ini bisa dilakukan secara rutin.

Kegiatan bersih-bersih yang dilaksanakan pada 1 Oktober itu dilakukan mulai dari Jembatan Cipinang Indah, Kali Sunter sampai Kanal Banjir Timur.

Ratusan petugas gabungan membersihkan bantaran dari tanaman serta sampah dan lumpur yang mengendap di kali, serta dapat mengumpulkan hingga sekitar 7,25 ton sampah.

Baca juga: Presiden: kondisi ruang publik pengaruhi kualitas manusia

Baca juga: Wapres pimpin peringatan Hari Habitat Dunia
Pewarta : M Razi Rahman
Editor: M. Arifin Siga
COPYRIGHT © ANTARA 2018