Jakarta (Antara News) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menganugerahkan Penghargaan Subroto 2018, kepada sejumlah pihak atau para stakeholder yang turut berperan aktif membangun sektor energi dan mineral.

Penghargaan itu diberikan secara langsung oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan yang didampingi wakilnya, Arcandra Tahar bertempat di XXI Ballroom Djakarta Theater, Jumat. Tahun 2018 ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan Penghargaan Subroto.

"Saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Saat ini bukan lagi era dimana yang besar mengalahkan yang kecil, tapi yang cepat mengalahkan yang lambat," kata Jonan dalam acara Penghargaan Subroto 2018 tersebut.

Sementara itu, Prof. Subroto yang hadir dalam acara malam itu mengucapkan terima kasih kepada para penerima penghargaan Subroto, dan meminta mereka untuk terus berprestasi, memberikan sumbangsih tanpa pamrih bagi bangsa.

"Terus menginspirasi, jangan pernah lelah untuk membangun bangsa untuk membawa Indonesia menjadi negara bersatu, berdaulat, adil dan makmur, serta sejahtera," ujarnya.

Subroto juga mengaku merasa bangga kepada para penerima penghargaan. Dia berharap semoga mereka tetap bisa menjadi ujung tombak daripada ESDM yang dapat menyediakan energi yang berkeadilan.

"Pak Menteri, kalau saya boleh saran, mereka yang menerima award, diberikan gelar 'Wirotomo Energi'. Wiro artinya perwira, Utomo berasal dari kata utama. Jadi mereka adalah senopatinya ESDM untuk menyediakan energi yang berkeadilan,"  lanjut Subroto.

Penghargaan Subroto adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Kementerian ESDM kepada para stakeholder yang memiliki prestasi luar biasa dalam memajukan sektor ESDM.

Pemilihan nama Subroto sebagai nama penghargaan bukan tanpa alasan. Nama Subroto diambil dari nama Professor Subroto (95 th), Menteri ESDM periode 1978 - 1988 yang hingga saat ini menjadi panutan bagi keluarga besar ESDM dan stakeholder sektor ESDM.

Penghargaan Subroto terdiri dari enam bidang penghargaan, yang terdiri dari Wartawan Energi, Keselamatan Ketenagalistrikan, Efisiensi Energi, Keselamatan Minyak dan Gas Bumi, Pengelolaan, Keselamatan, Lingkungan Dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara, serta bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lindungan Lingkungan Panas Bumi.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2018