Untuk mendapatkan tiket gratis itu, pihak organisasi harus menghubungi Kemensos terlebih dahulu. Kemudian, tim kami akan melakukan verifikasi secara menyeluruh terhadap siapa saja anggota organisasi yang berhak atas tiket gratis itu. Kalau sudah pas,
Jakarta (ANTARA News) – Kementerian Sosial (Kemensos) menyatakan tiket-tiket gratis Asian Para Games 2018 bagi para penyandang disabilitas hanya akan didistribusikan melalui organisasi penyandang disabilitas.

“Tiket-tiket gratis itu hanya kami berikan melalui organisasi penyandang disabilitas, bukan perorangan,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Rehabilitasi Sosial Kemensos Edi Suharto dalam Forum Merdeka Barat 9 di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Jakarta Pusat, Senin.

Menurut dia, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 2.500 tiket gratis untuk acara pembukaan dan 5.000 tiket gratis untuk pertandingan Asian Para Games 2018. Apabila ada penyandang disabilitas yang ingin mendapatkan tiket gratis tersebut, maka harus segera mendaftarkan diri ke dalam organisasi penyandang disabilitas.

“Semua tiket yang dibagikan secara gratis kepada penyandang disabilitas itu terbagi menjadi dua kategori, yaitu pengguna kursi roda dan non pengguna kursi roda. Urusan ticketing itu sepenuhnya menjadi urusan Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC), Kemensos hanya membantu distribusinya saja,” ujar Edi.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan tiket-tiket gratis tersebut hanya diberikan melalui organisasi penyandang disabilitas dengan tujuan agar pendistribusiannya lebih merata dan data penyandang disabilitas akan tercatat dengan baik.

“Untuk mendapatkan tiket gratis itu, pihak organisasi harus menghubungi Kemensos terlebih dahulu. Kemudian, tim kami akan melakukan verifikasi secara menyeluruh terhadap siapa saja anggota organisasi yang berhak atas tiket gratis itu. Kalau sudah pas, baru kami berikan,” ungkap Edi.

Apabila sudah terverifikasi, dia menuturkan, maka penyandang disabilitas itu sudah dijamin akan mendapatkan tiket gratis. Selama berlangsungnya Asian Para Games, pihaknya pun akan menyiagakan sejumlah petugas atau help desk serta pendamping bagi para penyandang disabilitas di seluruh arena.

Asian Para Games akan diselenggarakan mulai 6 hingga 13 Oktober 2018 dan diikuti oleh 42 negara peserta National Paralympic Committee (NPC) dengan total 2.831 atlet, 1.826 ofisial serta 591 media, baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Terdapat sebanyak 18 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam ajang tersebut, antara lain bola basket, bola voli, anggar, tenis meja, renang, menembak, judo, bersepeda, catur, angkat beban, bowling, bola gawang, bulu tangkis, lari, panahan, boccia, bola tangan dan tenis. 

Baca juga: Kemenkes siagakan tim kesehatan-ambulans APG 2018

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018