Jakarta (ANTARA News) - Ingin menikmati mie khas dari Negeri Sakura tapi bosan dengan ramen? Coba santap soba, mie berwarna kecokelatan yang terbuat dari gandum. 

Masato Tsuki, Chef of Ambassador of the Mission of Japan to Asean, berbagi resep kakiage soba yang bisa dipraktikkan di dapur Anda.

Kakiage adalah tempura yang berisi potongan sayuran. Dalam hidangan ini, semangkuk mi soba diguyur dengan kuah panas kemudian disajikan dengan tempura kakiage.

Bahan:
Soba kering
Sup untuk soba (versi instan dijual di supermarket)
Udang
Cumi
Bawang bombay
Ubi
Wortel
Jamur shiitake
Gobo
Daun mitsuba (Japanese wild parsley, daun kecil seperti seledri dengan ujung bergerigi)
Jahe
Minyak goreng
Tepung terigu
 


Cara membuat:
1. Kupas kulit udang, bersihkan bagian punggung. Potong memanjang 1 cm. Cuci dengan air garam, keringkan dengan kertas tisu.

2. Bersihkan cumi, kupas kulitnya dan potong seukuran 1x3 cm.

3. Cuci gobo dan ubi, kerat bagian yang tidak diinginkan, keringkan. Iris semua sayuran (bawang bombay, ubi, wortel, jamur, gobo) sepanjang 3 cm. Potong daun mitsuba sepanjang 2 cm. Iris jahe tipis dan pendek.

4. Campur semua bahan yang telah dipotong dengan tepung terigu, aduk rata. Tambah air sesuai takaran yang tertulis pada kemasan (setiap produk punya perbandingan takaran tepung terigu dan air yang berbeda).

5. Panaskan minyak goreng hingga 170 derajat celcius. Masukkan satu centong adonan ke dalam minyak, goreng selama 30 detik. Balik dan goreng sisi lainnya selama 1-1,5 menit. Tiriskan.

6. Masukkan soba ke air mendidih dan rebus sesuai panduan yang tertulis pada kemasan soba. Sesekali aduk perlahan agar soba tidak saling menempel. Setelah matang, angkat, tiriskan dan bilas dengan air dingin untuk menghilangkan sisa pati pada soba.

7. Tuang sup soba ke dalam panci, tambahkan air, panaskan hingga hampir mendidih.

6. Untuk menyajikan soba panas, tuang air panas untuk menghangatkan soba, lalu tiriskan. Masukkan soba ke mangkuk, tuang supnya. Letakkan kakiage di atas soba, tambah topping sesuai selera, seperti taburan daun bawang, cabe bubuk, telur, tempura atau bakwan jagung. 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018