Siak, 17/9 (ANTARA News) - Ratusan masyarakat ikut memeriahkan fun bike bersama atlet balap sepeda yang akan bertanding di "Tour de Siak" pada 18-21 Sepetember 2018.

"Fun bike atau sepeda santai adalah salah satu rangkaian kegiatan pembuka Tour de Siak 2018. Tujuannya untuk membuka ruang partisipasi bagi masyarakat," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler Pemkab Siak, Wan Saiful Efendi di Siak, Senin.

Dengan diadakannya sepeda santai ini masyarakat bisa ikut berpartisipasi memeriahkan perhelatan olahraga yang dipadukan dengan kampanye pariwisata tersebut.

"Sehingga kemeriahan Tour de Siak tidak hanya dirasakan pemerintah semata tetapi juga ikut dirasakan semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa," ungkap dia lagi.

Peserta fun bike mulai dilepas oleh Bupati Siak Syamsuar tepat dari garis start yang berada di depan Istana Siak, melintasi rute yang sudah ditentukan panitia dan finish di lapangan Siak Bermadah. Di sana sudah disiapkan hadiah menarik bagi peserta yang beruntung berupa sepeda motor dan sepeda gunung.

"Kegiatan wisata olahraga ini kita buat untuk memperkenalkan Kabupaten Siak ke tingkat nasional maupun internasional. Dengan adanya Tour de Siak ini lah mancanegara bisa kenal di Siak, dengan harapan bisa meningkatkan kunjungan wisata ke daerah ini," jelasnya.

Setelah kegiatan sepeda santai dan pembagian hadiah pada peserta yang beruntung dengan pencabutan undian, dilanjutkan dengan parade atlet.

"Tour de Siak" sudah menjadi agenda tahunan di Kabupaten Siak sejak 2013 untuk mempromosikan pariwisata wilayah setempat guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Rute Tour de Siak tahun ini kembali melintasi empat etape, meskipun pada 2017 jumlah etape sempat dihilangkan menjadi tiga etape, dengan menghilangkan rute Siak - Perawang karena kondisi jalan yang rusak.

Meskipun tahun ini kembali menjajaki empat etape, namun rute Siak - Perawang masih tetap belum bisa dijajaki pebalap pekan depan. Akan tetapi Pemkab Siak menggantinya dengan rute Siak - Sungai Apit sepanjang 115,18 km.

Hingga saat kini tim yang konfirmasi untuk ikut menjajaki "Negeri Istana" ini berjumlah sebanyak 13 tim. Delapan tim internasional, dan lima tim nasional. Sementara total hadiah yang dipersiapkan sebesar Rp750 juta.

Pebalap-pebalap tersebut akan bertarung untuk merebutkan podium per-etape setiap harinya. Pada hari pertama (18/9) dengan rute Siak - Dayun sepanjang 154,18 km, dilanjutkan hari berikutnya Siak -Sungai Apit 115,18 km. Pada etape III dengan rute Siak-Dayun-Buatan-Siak sepanjang 161,48 km. Terakhir (21/9) rute Siak City Race 92,06 km

(T.KR-FZR/B/T013/T013) 17-09-2018 11:39:26

Baca juga: "Tour de Siak" 2018 digelar 17-21 September

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2018