Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla bertolak menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk meninjau lokasi bencana dan memantau langsung rehabilitasi serta rekonstruksi pascagempa melanda daerah tersebut.

Wapres Kalla berangkat dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan BAe-RJ 85 dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa pukul 06:30 WIB.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono telah melaporkan perkembangan proses rehabilitasi dan rekonstruksi setelah rangkaian gempa bumi berkekuatan di atas 6 Skala Richter melanda Pulau Lombok pada 29 Juli, 5 Agustus 2018 dan terakhir pada Minggu (19/8) malam dengan pusat gempa berbeda.

"Pak Wapres ke Lombok untuk melihat dampak gempa, memastikan rencana rekonstruksi, rehabilitasi ini berjalan," kata Basuki di Kantor Wapres Jakarta, Senin (20/8).

Awalnya, gempa bumi berkekuatan 6,4 Skala Richter mengguncang Lombok pada 29 Juli pukul 6.47 WITA, dengan pusat gempa di Lombok Utara, hingga gempa berkekuatan 7 SR terjadi pada 5 Agustus 2018 diikuti ratusan gempa susulan.

Kemudian, gempa berkekuatan 6,9 SR kembali terjadi pada Minggu malam (19/8) dengan pusat gempa berbeda dari sebelumnya, yakni di Lombok Timur, NTB.

Baca juga: Warga Lombok berharap status bencana nasional

Baca juga: Polri tambah kekuatan personel penanganan gempa Lombok

Baca juga: Presiden siapkan Inpres terkait gempa Lombok

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018