Jakarta (ANTARA News) - Bank Indonesia menyelenggarakan acara sepeda santai (BI Fun Bike) untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 sekaligus memperingati perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 dan Hari Ulang Tahun Bank Indonesia ke-65.

"Kegiatan ini juga diselenggarakan guna memperkuat sinergi bersama antar lembaga untuk membangun negeri," kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam sambutan acara sepeda santai di Jakarta, Minggu.

Perry menambahkan kegiatan ini juga sejalan dengan tema Hari Ulang Tahun BI yaitu untuk selalu berprestasi, berkontribusi nyata terhadap perekonomian negeri, meningkatkan sinergi dengan institusi lain serta berlandaskan religi.

Ikut hadir dalam kegiatan yang dimulai sejak Pukul 06.00 WIB yaitu Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dan Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah.

Sebanyak kurang lebih 820 peserta BI Fun Bike yang berasal dari pegawai BI, perwakilan dari kementerian dan lembaga serta komunitas sepeda, menempuh jarak 17 km dengan rute Gedung BI-Balaikota DKI-Museum BI-Gedung BI.

Dalam kegiatan ini, BI juga mengadakan kegiatan sosialisasi mengenai kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai manfaat kartu berlogo GPN.

Manfaat tersebut antara lain kemudahan dalam bertransaksi pada seluruh kanal pembayaran (EDC) yang tersedia untuk meningkatkan efisiensi, menjaga keamanan data dan menyediakan biaya administrasi yang lebih murah.

Kegiatan sosialisasi dan edukasi serupa ikut diselenggarakan di 17 wilayah Indonesia, sekaligus untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat melakukan penukaran kartu debit atau ATM berlogo GPN.

Pada kesempatan yang sama, BI ikut menyerahkan program bantuan sosial kepada 65 rumah ibadah dan lembaga pendidikan yang berada di wilayah DKI Jakarta sebagai wujud dedikasi kepada negeri. 

Sebanyak 65 rumah ibadah dan lembaga pendidikan yang terpilih telah mewakili usia BI yang berusia 65 tahun pada 2018.
 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018