Jakarta (ANTARA News)  - Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo membuka Pameran Karya Kreatif Indonesia 2018 di Jakarta Convention Center, Jumat. 
   
"Usaha mikro kecil dan menengah merupakan tulang punggung perekonomian nasional yang menyerap banyak tenaga kerja dan menggerakkan perekonomian daerah," kata Iriana ketika membuka Pameran Karya Kreatif Indonesia 2018 itu.  
   
Menurut dia,  dukungan dari berbagai pihak termasuk Bank Indonesia diperlukan untuk pengembangan UMKM di Tanah Air.  
   
Hadir juga dalam pembukaan pameran, yang akan berlangsung hingga Minggu (22/7), Istri Wakil Presiden RI Hj Mufidah Jusuf Kalla serta anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK). 
   
Selain itu Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, serta Menteri Koperasi dan UKM AA Puspayoga, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.  
   
Dalam kesempatan itu, Ibu Negara membuka pameran tersebut dengan memukul gendang asal Sumatera Utara bersama dengan sejumlah tokoh. 
   
Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan pameran dilaksanakan tidak hanya untuk mengenalkan produk kerajinan UMKM berupa kain dan kerajinan di Tanah Air, tetapi juga membantu akses pemasaran mereka tidak hanya ke tingkat nasional tetapi juga global. 
   
"Pada Pameran Karya Kreatif Indonesia 2017 lalu, Ibu memberikan arahan untuk menyajikan karya yang prima yang berkualitas tetapi juga akses pasar nasional dan global, " katanya. 
   
Untuk menindaklanjuti hal itu BI menjalin sinergi melalui 46 kantor perwakilan di seluruh Indonesia dengan berbagai pihak seperti Badan Ekonomi Kreatif dan para perancang busana atau desainer. 
   
Sementara untuk menembus pasar global,  BI melakukan tiga pendekatan yaitu menghubungkan langsung pelaku UMKM dengan dengan pasar nasional dan internasional. 
   
Kedua,  menghubungkan pelaku UMKM dengan pelaku atau industri besar dan ketiga menghubungkan pelaku UMKM dengan para disainer yang telah memiliki reputasi internasional.  
   
Pameran Karya Kreatif Indonesia 2018 Bank Indonesia itu diikuti sejumlah peserta yang menempati sekitar 70 booth.

Baca juga: Ibu Negara undang 500 anak ke Istana Kepresidenan Yogyakarta

Baca juga: Bersama anak-anak, Presiden dan Ibu Negara mainkan tiga permainan tradisional

Baca juga: Ada pameran lingkungan hidup mulai hari ini

Pewarta: Agus Salim
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018