Kandangan, Kalsel (ANTARA News) - Tim Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Hulu Sungai Selatan (HSS) dibantu dengan aparat terkait mencopot alat peraga kampanye yang masih terpasang hingga masa tenang pelaksanaan Pilkada mulai Minggu (24/6).

Komisioner Panwaslu HSS Divisi Pengawasan dan Hubung anantarlembaga (PHL) Masrida Badwi di Kandangan Senin mengatakan, sebelum memasuki masa tenang pihaknya sudah membuat surat imbauan agar masing-masing pasangan calon (Palson) melepas sendiri Alat Peraga Kampanye (APK) yang sudah dipasang.

Memastikan bahwa seluruh APK telah dilepas, tambah dia, pihaknya menyisir seluruh wilayah dan titik pemasangan APK.

"Penyisiran akan terus kami lakukan hingga Selasa (26/6), kalau ditemukan APK yang masih terpasang, akan langsung dilepas tim yang melibatkan beberapa pihak lainnya, mulai dari Panwaslu, TNI,Polri sampai Satpol PP," katanya.

Penyisiran tersebut, antara lain dilaksanakan di kawasan Sungai Raya tidak jauh dari kawasan RSUD H Hasan Basry Kandangan, dan ditemukan masih ada APK yang terpasang, sehingga tim pun langsung melepasnya.

Sebelumnya, memasuki masa tenang Pilkda yang dimulai Minggu (24/6), Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye dari masing-masing Pasangan Calon (Paslon)

Ketua Bawaslu HSS, Syaiful Rahman mengatakan, penertiban sudah dilakukan sejak Minggu (24/6) malam dan terus dilakukan penyisiran kalau masih ada APK yang belum dilepas dan yang terlewat.

"Penyisiran APK dari Palson kami lakukan bersama, baik dari jajaran Pawaslu Kabupaten HSS bersama dengan pengawas tingkat desa dan kelurahan atau Pengawas Pemilu Lapangan (PPL)," katanya.

Pemantauan selama masa tenang, kata dia, juga dilakukan jajaran Panwaslu Kabupaten HSS dengan sistem patroli ke Kecamatan dan desa.

Pilkda langsung 2018 di Kalsel, diikuti oleh empat kabupaten, yaitu Kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Selatan (HSS), Tapin dan Kabupaten Tanah Laut.

Pilkda Tanah Laut diikuti oleh paslon incumbent Sukamta - Abdi Rahman diusung PKS, PKPI dan Gerindra total 8 kursi dan paslon incumbent Bambang Alamsyah -Ir Ahmad Nizar.

Kemudian, Pilkada Tapin, diikuti oleh paslon incumbent HM Arifin Arfan - Syarifuddin dan bakal melawan kotak kosong.

Selanjutnya, Pilkda Kabupaten Hulu Sungai Selatan, diikuti paslon incumbent Achmad Fikri - Syamsuri Arsad . Pasangan tersebut, bakal melawan paslon perseorangan Muhammad Najamudin - Muhammad Ridha

Terakhir Kabupaten Tabalong diikuti oleh empat paslon, yaitu, paslon incumbent Anang Syakhfiani - Mawardi diusung partai Golkar, Demokrat, PKB, PKS, PBB, PAN dan Nasdem total 21 kursi.

Kemudian, Paslon Hj Noor Farida Marlan - Aspianor diusung partai Gerindra, Hanura dan PPP total 8 kursi. Paslon perseorangan Noorhasani - Eddyan Noor Idur dan terakhir Paslon perseorangan Winarto - Ali Sibqi.

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018