Jakarta (ANTARA News) - Ekonom terkemuka Indonesia Rizal Ramli bertemu dengan tokoh-tokoh penting Amerika di Washington DC dalam sepekan ini.  Beberapa lembaga think thank penting Amerika mengundang mantan Menko Maritim ini untuk melakukan diskusi.

Salah satunya adalah CNA lembaga tempat berkumpulnya para pemikir Angkatan Laut Amerika/US Navy di kantor utamanya di Washington Boulevard, sebut Rizal dalam keterangannya, Sabtu.

Mereka sangat tertarik pada paparan anggota Panel Ekonomi PBB lulusan Boston University ini, mengenai seputar masalah kemaritiman, termasuk pergeseran geo-strategis di Asia dan implikasinya terhadap hubungan Indonesia-Amerika.

"Responsenya sangat positif.  Pengambil kebijakan Amerika semakin memahami peranan strategis Indonesia untuk mendorong stabilitas di kawasan Asia Tenggara dan mendorong perkembangan Asia yang netral dan damai," ujar RR panggilan akrab Rizal Ramli dari Washington DC.

Rizal yang telah menyatakan siap menjadi calon presiden ini, juga diundang makan malam di Navy & Army Country Club di Arlington, suatu tempat yang eklusif dan indah.

Dahulu di tempat ini Presiden Amerika Dwight Einshenhower bermain golf dengan Perdana Mentri Jepang Kishi yang menandai persahabatan dua negara yang sebelumnya berseteru di Perang Dunia II.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018