Depok (ANTARA News) - Sejumlah Dokter Peneliti dari klaster riset "Indonesian Hydration Working Group (IHWG)" Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) membuat sebuah aplikasi diberi nama "GAMES" sebagai program pengabdian masyarakat "Jakarta Hidrasi Sehat 2017 Berbasis Android".

Menurut Pengabdi Utama program Jakarta Hidrasi Sehat 2017 Berbasis Android, dr. Dewi Friska di Depok, Kamis, pemilihan aplikasi GAMES bertujuan memberikan alternatif jenis media edukasi selain buku komik hidrasi yang telah dikembangkan sebelumnya.

Selain itu untuk lebih memudahkan warga memahami materi edukasi dan dapat diterima dengan baik oleh setiap lapisan usia masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Melalui aplikasi ini diharapkan materi edukasi terkait pentingnya Air Bagi Tubuh beserta Keamanan Air dapat tersampaikan dengan baik dan informasi Hidrasi Sehat dapat dipraktekkan oleh warga masyarakat, ujarnya.

"Kami juga tengah merekomendasikan aplikasi GAMES ini untuk dipatenkan dan diajukan sebagai bagian dari perilaku hidup sehat dalam program GERMAS ke Kementerian Kesehatan Republik Indonesia," katanya.

Diharapkan dengan terselenggaranya program Pengabdian Masyarakat "Jakarta Hidrasi Sehat 2017 Berbasis Android" ini dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai betapa pentingnya kebutuhan asupan air minum untuk mencegah dampak kekurangan air dan masalah kesehatan lainnya.

"Melalui aplikasi GAMES ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya kebutuhan asupan air minum untuk mencegah dampak kekurangan air bagi tubuh (dehidrasi)," katanya.

Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam rangka menjawab permasalahan yang dihadapi masyarakat kota Jakarta yang berdasarkan penelitian dilakukan "The Indonesian Hydration Regional Study (THIRST)" bahwa 46,1 persen masyarakat di daerah DKI Jakarta, Jabar, Jatim dan Sulsel mengalami kurang air atau hipovolemia ringan.

Salah satunya dikarenakan masyarakat kurang mendapatkan akses informasi yang tepat mengenai hidrasi sehat.

Para dokter peneliti terdiri dari dr.Dewi Friska,MKK, Dr.dr.Budi Wiweko,SpOG(K),MPH, dr.Aida Riyanti,SpOG(K),MSc dan dr.Erfi Prafiantini,M.Kes menciptakan aplikasi GAMES mengkampanyekan program Hidrasi Sehat pada April-Desember 2017.

Dalam program ini, para dokter tersebut melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi GAMES dan pemberian materi mengenai hidrasi kepada para kader kesehatan yang dibina oleh Klinik Dokter Keluarga (KDK) FKUI Kayu Putih.

Setelah mendapatkan sosialisasi dan pemberian materi, para kaderlah yang terjun mengedukasi para keluarga dan masyarakat di sekitar tempat tinggal mereka.

Aplikasi GAMES ini berisi Status Hidrasi, Indeks Massa Tubuh, artikel kesehatan, Komik yang berisikan materi sumber air minum, kualitas air minum, kebutuhan air minum manusia serta Quiz Dewasa yang dapat mengevaluasi pretest dan post-test pengguna sebelum dan sesudah membaca komik dalam aplikasi.

Anak-anak dapat juga bermain dalam aplikasi di Menu Quiz Anak yang berisi permainan-permainan hidrasi yang diambil dari komik AMIR berupa permainan petualangan dan pengetahuan hidrasi anak.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018