Baku (ANTARA News) - Pemerintah Azerbaijan tidak puas dengan hubungan dan kerja sama ekonomi dengan Indonesia sehingga negara itu ingin meningkatkan kerja sama pada bidang tersebut dengan berbagai cara, antara lain dengan memanfaatkan media masa.

"Untuk bidang politik, hubungan antara Indonesia dan Azerbaijan sudah bagus, namun kerja sama di bidang ekonomi kedua negara masih kurang," kata Asisten Presiden Azerbaijan untuk Masalah Publik dan Politik, Ali Hasanov, di Baku, Selasa (29/5).

Menurut Ali Hasanov, media massa diperkukan untuk menyiarkan potensi kedua negara karena potensi yang ada ternyata lebih besar dari yang diketahui masyarakat.

Ali mencontohkan, Azerbaijan dan Indonesia sama-sama memiliki potensi besar dalam bidang pariwisata yang perlu dipromosikan oleh pemberitaan media masa kedua negara.

Asisten presiden Azerbaijan itu menyampaikan hal ini kepada beberapa wartawan Indonesia yang sedang melakukan kunjungan jurnalistik di negara yang dikenal dengan Land of Fire itu.

Dia menyambut baik usul wartawan Indonesia tentang kemungkinan kerjasama antara jurnalis kedua negara dalam bentuk pameran foto dan forum redaktur yang mempromosikan potensi kedua negara.

"Kami mengapresiasi dan menyambut baik usulan yang luar biasa ini. Semoga anda akan mendapat teman-teman wartawan di sini dan mendiskusikan usulan tersebut dalam upaya mempromosikan dan memperkenalkan potensi kedua negara kepada masyarakat Indonesia dan Azerbaijan," kata Ali.

Ali juga mengharapkan wartawan Indonesia membicarakan usul itu dengan kedutaan besar Indonesia di Azerbaijan dan kedutaan besar Azerbaijan di Indonesia, di samping dengan wartawan Azerbaijan dalam upaya mewujudkan keinginan tersebut.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan Husnan Fananie, pada kesempatan terpisah, menyatakan bahwa peran media massa sangat penting dalam mempromosikan potensi dan kepentingan dua negara.

Kegiatan-kegiatan promosi dan pengenalan tentang kedua negara bisa melibatkan media massa yang tergabung dalam asosiasi wartawan seperti Asosiasi Jurnalis Indonesia (AJI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

"Kita juga bisa undang wartawan-wartawan Azerbaijan datang ke Indonesia untuk melakukan kegiatan-kegiatan seperti peliputan, pameran foto atau seminar," kata Husnan kepada wartawan Indonesia saat menghadiri acara buka puasa bersama di Kedutstaan Besar Indonesia di Baku, Azerbaijan.

Wartawan-wartawan Azerbaijan yang diundang ke Indonesia, misalnya, diharapkan memasang foto-foto yang mereka ambil saat berada di Indonesia di tempat-tempat wisata seperti kota tua, kata Husnan.
 

Pewarta: Bambang Purwanto
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018