Jakarta (ANTARA News) - Jangan terlanjur senang jika memiliki banyak pengikut, follower, di Instagram, apalagi jika diikuti oleh akun palsu.

Akun palsu memang bisa mendongkrak jumlah pengikut, namun, dilansir dari laman The Independent, terdapat bahaya mengintai jika akun Anda di-follow akun bodong seperti itu.

Akun palsu di Instagram mudah untuk dikenali, ciri-cirinya antara lain tidak memakai foto profil, tidak mengunggah foto dan hanya memiliki sedikit pengikut.

Tapi, ada juga akun palsu yang sulit untuk dikenali, terutama jika mereka menggunakan robot sehingga mampu mengelabui pengguna lainnya di media sosial. New York Times menemukan akun palsu ini memakai foto curian dan penjelasan palsu di bio agar Instagram maupun pengguna lainnya kesulitan untuk mengidentifikasi mereka sebagai akun robot.

Baca juga: Instagram tambah stiker emoji untuk fitur polling

Baca juga: Instagram perkenalkan fitur keamanan dan penyaring komentar perundungan di Indonesia


CEO Smyte, perusahaan pegiat anti penipuan di dunia maya, Pete Hunt, menilai terdapat akun palsu yang tidak berbahaya, namun, ada juga yang membahayakan akun lainnya.

“Bot ada yang digunakan untuk menyerang orang lain. Jika Anda berteman dengan bot, mereka akan mengirimi pesan pribadi dengan spam atau phising,” kata hunt.

Bot jahat ini bisa saja mencuri kata kunci atau menginfeksi virus. Profil yang diatur terbuka untuk publik berisiko diikuti oleh akun bot jahat sehingga mereka bisa mengambil kata kunci atau mencuri foto.

Saat ini, satu-satunya cara untuk mengamankan akun Anda dari bot jahat adalah dengan melaporkan akun tersebut, namun, jumlah pengikut Anda akan berkurang dan cara ini juga memakan waktu.

Baca juga: Instagram tambah serangkaian fitur baru, integrasi Spotify hingga video call

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018