Semarang (ANTARA News) - Gubernur Jawa Tengah nonaktif Ganjar Pranowo menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa atau ngabuburit dengan bersepeda mengunjungi Panti Asuhan Aisyiyah yang terletak di Jalan Srikandi X Nomor 61, Kelurahan Plombokan, Semarang Utara, Jumat petang.

Ganjar yang didampingi sejumlah anggota klub sepeda Samba menempuh rute Jalan Tengger, Jalan Sultan Agung, Taman Gajahmungkur, Jalan Tumpang Raya, Jalan Kelud, Jalan Basudewo, dan Jalan Indraprasta Semarang.

Dari Jalan Indraprasta, Ganjar yang memang aktif bersepeda itu berbelok ke Jalan Brotojoyo, melintasi SMK Negeri Jawa Tengah kemudian menuju Jalan Srikandi menuju Panti Asuhan Aisyiyah.

Kedatangan Calon Gubernur Jateng bernomor urut 1 itu disambut suami istri pengasuh Panti Asuhan Aisyiyah, Jazuli (62) dan Harimastuti (55).

Sekitar setengah jam Ganjar terlihat mengobrol akrab dengan Jazuli dan Harimastuti tentang kondisi panti yang ada di tengah perkampungan itu.

Usai purnatugas sebagai pegawai negeri sipil di Departemen Agama, Jazuli mendirikan Panti Asuhan Aisyiyah pada 11 Oktober 1989 dan kini ada sekitar 40 anak asuh yang tinggal di sana.

Anak asuh rata-rata bersekolah, mulai dari sekolah dasar hingga kuliah di perguruan tinggi.

"Ada tiga anak yang kuliah di Universitas Dian Nuswantoro," kata Jazuli.

Sebelum berpamitan, Ganjar menyempatkan membuat vlog yang di dalamnya mendoakan anak-anak panti asuhan mampu mencapai cita-citanya masing-masing.

Ganjar mengatakan, kedatangannya ke Panti Asuhan Aisyiyah bersama rombongan itu sekadar melaksanakan tradisi klub sepedanya.

"Selain tur keliling kota rutin, kami punya tradisi menyisihkan rezeki dari anggota dan hasilnya dijadikan santunan ke pondok pesantren, keluarga miskin, dan panti asuhan. Jadi kalau dulu olahraganya pagi sekarang pindah ke sore," ujar Ganjar pada Pilgub Jateng 2018 berpasangan dengan Calon Wagub Taj Yasin Maimoen itu.

Sembari berolahraga, lanjut Ganjar, anggota klub sepeda Samba menyerahkan bantuan untuk anak-anak di pondok pesantren dan panti asuhan.

"Mengajari kita selama bulan puasa ini untuk berbagi," ujar Ganjar.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018