Karawang (ANTARA News) - Sebanyak 43 warga Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami keracunan diduga akibat bocornya gas caustic soda dari sebuah pabrik kertas, PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills II.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan setempat Wawan Setiawan, di Karawang, Jumat, mengatakan, puluhan warga keracunan pada Kamis (17/5) malam, saat itu warga Desa Kutamekar hendak menyambut sahur.

"Sesuai dengan laporan, ada 43 warga yang dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut," katanya.

Puluhan korban keracunan tersebut dibawa ke dua rumah sakit yang berbeda. Ada yang dibawa ke Rumah Sakit Delima Asih dan ada juga yang mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Rosela Karawang.

Dari pengakuan masyarakat setempat, secara tiba-tiba saja pada Kamis malam itu warga mengalami mual-mual, pusing dan muntah-muntah. Mereka langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Peristiwa keracunan akibat bocornya gas pabrik kertas PT Pindo Deli II sebelumnya juga terjadi pada Selasa (15/5).

Saat itu, sebanyak 16 warga Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Karawang mengalami keracunan, diduga akibat bocornya gas caustic soda dari PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills II.

Sebelumnya, peristiwa keracunan yang diakibatkan bocornya gas PT Pindo Deli II juga terjadi selama beberapa kali pada bulan Mei dan November 2017.

Baca juga: 30 orang warga sekitar Kawah Gunung Ijen keracunan gas

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018