Semarang (ANTARA News) - Petahana Ganjar Pranowo mengaku tidak dalam kondisi kesehatan yang fit menjelang pelaksanaan Debat Terbuka Pilgub Jawa Tengah sesi kedua yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Jateng di Hotel Best Western, Kabupaten Sukoharjo, pada Kamis (3/5) malam.

"Iya (tidak enak badan) makanya tadi pas berangkat ke Solo, saya makan Soto Seger di Boyolali, itu saja persiapan debatnya," kata Cagub Jateng bernomor urut 1 saat dihubungi melalui telepon dari Semarang, Kamis.

Selain menyantap Soto Seger, Ganjar juga menyempatkan menyanyi lagu-lagu dangdut bersama sejumlah warga di warung kuliner legendaris di Kabupaten Boyolali itu agar pikirannya lebih rileks.

Lagu-lagu dangdut yang dinyanyikan Ganjar dengan diiringi pengamen yang mangkal di Warung Soto Seger Boyolali itu antara lain berjudul Sayang, Bojo Galak, Suket Teki, dan Jaran Goyang.

Cagub yang berpasangan dengan Calon Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen itu mengungkapkan, kondisi kesehatan masyarakat, termasuk dirinya, seringkali mengalami penurunan saat memasuki musim pancaroba akibat peralihan musim.

"Agar kondisi kesehatan tidak terlalu `ngedrop`, saya mengonsumsi makanan dan minuman yang hangat-hangat," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Tema Debat Terbuka Pilgub Jateng sesi kedua mengambil tema pelayanan publik dan perekonomian.

Baca juga: KPU bakal gelar tiga debat pilgub Jateng

Terkait dengan hal itu, Ganjar bersama tim sudah menyiapkan materi debat dan akan lebih banyak menyampaikan capaian kinerja selama menjabat sebagai Gubernur Jateng sejak 2013.

"Berusaha mengedukasi publik agar masyarakat mengerti kondisi mikro, kondisi makro seperti ini, reformasi birokrasi di Jateng seperti ini," katanya.

Suami dari Siti Atikoh Supriyanti itu mengaku memiliki bukti yang terdiri dari data dan fakta berupa jejak digital, yang orang bisa menelusuri di media sosial miliknya.

"Jadi itu kejadian bener atau tidak, `roadmapnya` kira-kira sudah sesuai belum ya sehingga kita harap publik bisa menilai," katanya.

Baca juga: Ratusan aparat disiapkan amankan debat Pilgub Jateng
Baca juga: Ganjar siap jawab kritikan pada debat kandidat

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018