Jakarta (ANTARA News) - Maria Simorangkir menjadi juara Indonesian Idol 2018, mengalahkan pesaingnya, Ahmad Abdul.

"Indonesia, inilah final result. Saya ingin bertanya, siapakah yang layak memegang gelar Indonesian Idol 2018. Apakah Abdul yang bakatnya sampai menarik perhatian 4 musisi Internasional, ataukah yang layak memegang predikat Indonesian Idol 2018 adalah Maria, yang mendapat sebutan penakluk lagu sulit diva dunia?," kata presenter Daniel Mananta dalam Result & Reunion Show Indonesian Idol 2018, di Jakarta, Selasa dini hari.  

"Yang menjadi juara Indonesian Idol season 9 ini, selamat untuk Maria. Kamu adalah juara Indonesian Idol season 9. Selamat untuk Maria Simorangkir!" pekik Daniel setelah beberapa saat, membuat juri dan penonton yang hadir malam itu histeris.    

Mendengar namanya disebut, Maria yang saat itu berdiri di sisi Abdul, sempat mengekspresikan wajah terkejut. Senyum bahagia pun langsung merekah diiringi tepuk tangan meriah dari penonton di Ecovention Hall, Ancol, Jakarta Utara. Abdul yang otomatis menjadi runner up secara sportif langsung memeluk Maria sebagai ucapan selamat.

Maria merupakan kontestan termuda di Indonesian Idol 2018, usianya baru 16 tahun. Ia dikenal dengan karakter suaranya yang powerful dan selalu bisa menaklukan lagu-lagu yang ia nyanyikan dengan apik dan memukau.

Maria juga merupakan jebolan ajang Indonesian Idol Junior 2014 dan saat itu menempati posisi lima besar.

Pemenang Indonesian Idol 2018, berhak mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 150 juta dan sebuah mobil. 

Result & Reunion Show Indonesian Idol 2018 malam ini terasa semarak dengan kolaborasi penampilan Maria dan Abdul bersama musisi Sandhy Sondoro dan Glenn Fredly.

Maria berkolaborasi bersama Sandhy, membawakan lagu "Tak Pernah Padam" medley "Gejolak Cinta".

"Kamu menyanyi begitu alus pisan. Sakral. Saat Sandhy di lagu "Tak Pernah Padam, melakukan akrobatik vokal, kamu masuk (ke lagunya) halus," ujar Armand Maulana. 
Finalis Indonesia Idol Maria Simorangkir (kiri) berduet dengan penyanyi Sandhy Sondoro pada malam puncak Indonesian Idol 2018 di Jakarta, Senin (23/4/2018). Maria Simorangkir berhasil keluar sebagai juara pertama dan Ahmad Abdul sebagai juara kedua pada malam puncak Indonesia Idol 2018. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)


Baca juga: Maria memukau juri Indonesian Idol 2018

Sementara Abdul, menyanyikan lagu "Kasih Putih", medley "Hikayat Cintaku" bersama Glenn. 

"Dul, kamu malam ini belajar langsung sama salah satu tokoh legendaris peleleh hati wanita di Indonesia. Kamu berdampingan dengan Glenn Fredly dan kamu bisa mengimbanginya," komentar Ari Lasso.

Baca juga: Berkolaborasi dengan Glenn, Abdul buat juri bangga

Tak hanya itu, para kontestan Indonesian Idol bersama sejumlah musisi, yakni RAN, Via Vallen, band Armada dan Donnie Sibarani juga ikut memeriahkan suasana saat itu. 

Di sela itu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Heru Winarko sempat unjuk kemampuan memainkan piano dan melantunkan lagu "Ku Tak Bisa" milik Slank bersama Judika. 

Baca juga: Duet bersama Sandhy Sondoro, Maria "alus pisan"
Baca juga: Bawakan lagu Maroon 5, Abdul disebut seksi dan membius

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018