Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Ketenagakerjaan menyelenggarakan sepeda santai bersama para pekerja di Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu, dalam rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Buruh yang jatuh pada 1 Mei.

Kegiatan ini diikuti langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri.

Menaker mengatakan peringatan Hari Buruh telah dilakukan di berbagai daerah.

"Kegiatan sepeda santai ini untuk menginspirasi pekerja agar merayakan Hari Buruh dengan riang gembira," kata Hanif.

Ia mengatakan perdebatan mengenai bentuk-bentuk perayaan Hari Buruh tidak begitu penting, yang penting Hari Buruh merupakan hasil perjuangan yang harus dirayakan secara positif oleh pemerintah, pekerja, dan pengusaha.

"Kerja sama pemerintah, pekerja dan pengusaha harus ditingkatkan untuk menjawab tantangan ke depan sangat besar. Revolusi industri bergerak sangat cepat, oleh karenanya kita harus ikut berubah," ucap Hanif.

Apalagi kata dia, 65 persen pekerjaan masa depan adalah pekerjaan yang tidak dikenal sekarang yang apabila tidak diantisipasi maka Indonesia akan kalah dalam persaingan global yang makin ketat.

Oleh karena itu, Hanif mendorong pekerja terus meningkatkan keterampilan dan kompetensi kerjanya. Salah satu caranya dengan mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK).

"Sebagai contoh adalah BBLK Bekasi yang menyediakan kelas malam dan kelas Sabtu-Minggu untuk menyesuaikan jadwal pekerja yang ingin meningkatkan keterampilan," kata dia.

Kegiatan sepeda santai bersama pekerja/buruh tersebut diikuti 300 peserta dengan rute dari Galaxy Tirtamas Club menuju GOR Patriot Bekasi. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan oleh live musik dan pembagian hadiah.

Kemnaker telah melakukan beberapa kegiatan dalam rangkaian Hari Buruh, di antaranya adalah Liga Pekerja Indonesia, Gerakan Buruh Mengaji, Lomba Memasak Bagi Buruh, dan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Buruh.
 

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018