Jayapura (ANTARA News) - Tim gabungan TNI dan Polri berhasil mengamankan kampung-kampung sekitar Banti, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal mengungkapkan tim gabungan berhasil menguasai kampung Banti 1 dan Banti 2, Utikini, Longsoran, Kimbelu dan Opitawak.

"Betul tim gabungan tni-polri berhasil menguasai kampung kampung yang berada sekitar kampung Banti," kata Kombes Kamal kepada Antara, hari ini.

Kampung-kampung itu sebelumnya di bawah tekanan dan penguasaan KKB sehingga aparat keamanan memutuskan menggelar operasi penegakan hukum di sana.

Sejak Nopember 2017, KKB menguasai Kampung Utikini hingga Banti, kata Kamal. KKB bahkan merusak jalan menuju Banti, selain membakar rumah sakit dan sekolah dasar di Banti pertengahan Maret lalu.

Dengan berhasil kembali dikuasainya kampung-kampung ini, masyarakat dapat kembali beraktifitas secara normal, kata Kamal.

Sementara itu Kapendam XVII Cenderawasih Kol Inf Muhamad Aidi mengatakan, Kodam XVII Cenderawasih menggerahkan 50 personel dari Yonif 751, Yonif 754 dan Brigif 20.

"Memang betul satu anggota TNI yakni Pratu Vicky Rumpaisum tewas tertembak KKB di sekitar Banti dan jenazahnya sudah berhasil dievakuasi," kata Aidi.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018