Jakarta (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan pemerintah daerah harus fokus pada masalah dan upaya penanganan sampah di daerahnya.

"Dalam perencanaan anggaran masih belum fokus. Kebijakan strategis daerah, masalah sampah beserta limbah belum masuk.Dalam konteks pengelolaan sampah ini juga belum muncul ide inovasi dalam musrembang, semua hanya bicara masalah infrastruktur," kata Mendagri di Jakarta, Selasa.

Hal itu disampaikan Tjahjo pada Rakornas Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga yang dilaksanakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Padahal menurut dia, masalah sampah menjadi salah satu perhatian khusus Presiden Joko Widodo bahkan telah dua kali dibahas dalam rapat terbatas kabinet.

Dalam ratas tersebut ada 10 kabupaten dan kota yang menjadi contoh dalam penanganan sampah diantaranya DKI Jakarta, Denpasar, Tangerang, Bandung dan Bogor.

Dia mengatakan masalah sampah bisa mengganggu berbagai aspek contohnya seperti di Kuta Bali, masalah sampah bisa menghambat sektor pariwisata.

Dia menyayangkan masih banyak daerah yang belum fokus pada penanganan sampah, termasuk dari segi anggaran.

Dia juga menyebutkan, penanganan sampah tidak bisa dikerjakan sendiri oleh pemerintah karena itu pemda harus mampu menggandeng ormas-ormas yang ada di daerah.

Baca juga: Penanganan sampah DKI dinilai memburuk pascaswakelola 2016

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018