Kebumen (ANTARA News) - Taruna SIaga Bencana (Tagana) akan merayakan ulang tahun ke-14 dengan peringatan dipusatkan di Pantai Ayah di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Senin.

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos, Margo Wiyono, di Kebumen, Minggu, mengatakan puncak acara HUT Tagana dijadwalkan dihadiri Menteri Sosial Idrus Marham.

Ia mengatakan Mensos akan menanam mangrove di kawasan Pantai Ayah bersama 2.000 Tagana dan berbagai unsur relawan kemanusiaan lainnya.

Selain penanaman mangrove, para relawan juga melakukan bakti sosial dan Tagana Mengajar (Goes to School). Kemudian sebagai acara puncak peringatan, Mensos akan menghadiri Apel Siaga Tagana Indonesia.

Dalam puncak HUT Tagana juga akan dilakukan pengukuhan Ketua DPR RI sebagai Pembina Kehormatan Tagana Nasional, Pengukuhan Wakil Bupati Kebumen menjadi Pembina Tagana Wilayah Kebumen.

Kemensos juga akan menandatangani kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) terkait Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terkait Penyelenggaraan Penanggulangan Terorisme, dan Badan Intelejen Negara (BIN) tentang Badan Intelejen Negara tentang Penanganan Konflik Sosial.

Dalam rangkaian HUT Tagana juga dilakukan bimbingan teknis Sahabat Bencana sebanyak 60 orang dari unsur wartawan, RAPI, AMPI, DAN AMPG.

"Mereka dibekali cara-cara penanganan bencana, bagaimana mendirikan shelter, dapur umum," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018