Medan (ANTARA News) - Universitas Sumatera Utara menempati peringkat ke-25 di tingkat Asia Tenggara dalam sistem pemeringkatan 200 universitas terpopuler di Asia yang disusun oleh Uni Rank.

"Universitas Sumatera utara (USU) juga mendapatkan ranking ke- 10 atas Intelectual Property Right by Affiliation," kata Wakil Rektor II USU Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M.Ked, di Medan, Selasa.

Hal dikatakannya ketika membacakan sambutan Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH saat menerima Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Dr Capt. Anthon Sihombing dan Wakil Ketua BURT DPR RI Hasrul Azwar dalam rangka Evaluasi Rencana Strategis DPR RI Tahun 2015-2019 di USU.

Prestasi lainnya, menurut dia, yakni UI Green Metric World University Ranking telah menempatkan USU pada peringkat ke-11 di Indonesia dan peringkat ke-234 di dunia.

"USU juga meraih Bintang 3 atas penilaian yang dilakukan QS Rating pada tanggal 28 Desember 2017," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan masuknya USU dalam penilaian QS Rating, maka Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu siap untuk masuk ke dalam 1.000 World University QS Ranking atau 400 Asian University QS Ranking, yang saat ini sedang dipersiapkan Tim USU.

"Kerja sama yang terjalin antara USU dengan lembaga-lembaga lain, terus mengalami peningkatan. Kerja sama dalam dan luar negeri sepanjang 2017 hingga 2018 terdiri atas 9 MoU dan 7 MoU Luar Negeri, 55 MoU, serta 168 MoU yang terealisasi di dalam negeri," ucapnya.

Ia mengatakan, beberapa dari kerja sama internasional tersebut, dijalin dengan Chonnam National University Korea, Universiti Sains Malaysia, dan Department of Architecture DIDA of the University of Florence Italy.

Kemudian, Tulane University School of Public Health and Tropical Medicine, Abita Green Florence Italy, KLC Placement Services SDN BHD, Malaysia, Eijkman- Oxford Clinical Research Unit, dan lainnya.

Dalam pemeringkatan PTN yang dilakukan Kemenristekdikti setiap tahunnya, USU berhasil meningkatkan peringkatnya dari peringkat ke- 29 menjadi peringkat ke-19 pada bulan Agustus 2017.

Ia menambahkan, sebanyak 52 dari 154 program studi (prodi) di Universitas Sumatera Utara sudah berakreditasi A dalam program Afirmasi Akreditasi Program Studi Tahun 2018.

Selain itu, 86 prodi berakreditasi B, dan sisanya masih dalam tahap pengajuan akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Suatu saat seluruh prodi di perguruian tinggi negeri itu bisa meraih akreditasi A.

Saat ini, jumlah PNS dan non-PNS di USU berjumlah 1.610 orang, sementara jumlah tenaga kependidikan/pegawai PNS berjumlah 940 orang dan non-PNS 1.069 orang.Guru besar USU sebanyak 174 orang,

"Jumlah lulusan USU dari berbagai strata pendidikan berjumlah 190.670 orang. Mereka telah bekerja dan mengabdi dalam banyak bidang, baik di pemerintahan, swasta maupun lembaga-lembaga sosial di dalam, serta di luar negeri, termasuk di DPR RI," kata Rektor USU.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018