Jakarta (ANTARA News) - Berlatih angkat beban dan membuat diri Anda lebih kuat ternyata memiliki banyak keuntungan, salah satunya dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Director of Worldwide Fitness Education Herbalife Nutrition, sekaligus mantan atlet olimpiade, Samantha Clayton mengatakan tubuh yang kuat dan otot yang kencang menjadi indikator baru dalam berpenampilan bagi setiap perempuan dan pria.

"Dalam meyusun jadwal aktifitas fisik, prioritas utama Anda haruslah ditujukan untuk manfaat kesehatan tubuh Anda. Tetapi jika hasilnya bermanfaat positif terhadap penampilan Anda, itu adalah bonus dari kegiatan fisik yang anda lakukan,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

Pelatih pribadi atlet sepakbola Dunia Cristiano Ronaldo itu membeberkan alasan lainnya mengapa Anda perlu menambah latihan beban pada kegiatan olahraga rutin:

Membakar lebih banyak kalori

Dengan menambahkan latihan beban dan menjadi kuat, kita akan mengubah seluruh aspek tubuh kita. Orang yang masa ototnya meningkat dapat membakar kalori lebih banyak pada saat istirahat.

Hal ini terjadi karena tubuh membutuhkan banyak energi untuk mempertahankan massa otot. Oleh karena itu, Resting Metabolic Rate (RMR) Anda akan meningkat. RMR adalah tingkat dimana tubuh anda membakar energi ketika beristirahat.

Anda dapat menghitung tingkat RMR anda untuk melihat berapa banyak kalori yang Anda butuhkan saat tubuh istirahat untuk melakukan fungsi dasar tubuh seperti bernapas, mengalirkan darah ke seluruh tubuh dan lainnya.

Meningkatkan kepadatan tulang

Latihan beban sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang bagi orang dari segala usia. Penuaan berhubungan dengan penurunan kepadatan tulang yang menyebabkan semakin tingginya risiko patah tulang.

Jadi pertimbangkan dulu sebelum Anda menambah bobot latihan beban, karena tulang Anda bergantung pada kekuatannya dalam menerima latihan.

Peningkatan kinerja tubuh

Jika tubuh Anda terbiasa untuk mengangkat beban, bayangkan mudahnya menopang berat tubuh Anda sendiri. Peningkatan kekuatan tubuh berarti juga kegiatan anda sehari-hari akan menjadi lebih mudah.

Dengan kata lain, peningkatan kekuatan otot akan berbanding lurus dengan peningkatan kinerja tubuh Anda.

Samantha mengatakan, dengan tubuh yang bertambah kuat, Anda akan memiliki beberapa keuntungan dan tidak perlu merasa khawatir tubuh anda terlihat tidak proporsional.

Menambah latihan beban pada olahraga rutin anda dua sampai tiga kali seminggu dengan diimbangi dengan asupan makanan kaya protein akan membantu anda dalam mendapatkan tubuh sehat berotot.

“Jangan takut untuk latihan beban. Tapi pastikan anda memulai latihan beban dengan tepat dan sesuai dengan kemampuan tubuh anda di tahap awal. Yang penting diketahui pada saat akan memulai sebuah sesi olahraga, Anda harus mengetahui kemampuan tubuh anda sendiri. Dan satu lagi yang penting adalah selama olahraga kita harus terus menjaga asupan cairan untuk tubuh,” tutup Samantha.

 
Baca juga: Malas berolahraga turunkan sepertiga kekuatan otot

 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018