...kita butuh fasilitas, butuh peralatan yang lengkap dan memadai. Itulah yang akan terus kita tingkatkan...
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meminta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana menambah dan melengkapi peralatan dan perlengkapan kerja untuk mempercepat upaya pemadaman saat kebakaran terjadi.

"Peralatan dan perlengkapan untuk bekerja harus terus ditingkatkan dan dilengkapi sehingga kalau sewaktu-waktu ada kebakaran, pemadamannya bisa lebih cepat," kata Anies ketika menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-99 Pemadam Kebakaran di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana di Jakarta Pusat, Kamis.

Ia mengatakan tingkat kesulitan dan kerumitan penanganan kebakaran di area-area DKI Jakarta sesuai dengan kondisi spesifiknya, ada area-area yang mencakup banyak gedung tinggi, ada pula yang didominasi permukiman warga.

"Oleh karena itu, kita butuh fasilitas, butuh peralatan yang lengkap dan memadai. Itulah yang akan terus kita tingkatkan bersama-sama," ujar Anies.

Khusus untuk menjangkau daerah permukiman yang sempit dan padat penduduk, menurut dia, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana perlu mempertimbangkan pengadaan sepeda motor pemadam.

"Dengan adanya sepeda motor pemadam, maka petugas bisa cepat sampai di lokasi kebakaran dan melakukan pemadaman. Semakin cepat sampai, semakin cepat pula api bisa dipadamkan," tutur Anies.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta Subejo mengungkapkan sampai dengan saat ini dinas sudah memiliki 1.200 unit kendaraan pemadam kebakaran.

"Akan tetapi, kami masih membutuhkan sekitar 600 unit kendaraan pemadam lagi. Yang pasti, seluruh upaya penanggulangan kebakaran kami lakukan dengan responsif dan penuh totalitas," katanya.

Baca juga: Tiga kebakaran landa Jakarta Pusat saat Lebaran


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018