... ada tukang cukur pinggir jalan begitu, ada yang mangkal...
Jakarta (ANTARA News) - Terdakwa korupsi KTP elektronik, Setya Novanto, menceritakan soal bagaimana penampilan baru rambutnya, hasil potongan tukang cukur di rumah tahanan KPK.

"Iya potong rambut sebulan sekali, ada tukang cukur pinggir jalan begitu, ada yang mangkal," kata Novanto sebelum sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin.

Dia menghuni rumah tahanan KPK sejak 17 November 2017 lalu, setelah ia dijemput dari RS Cipto Mangunkusomo, Jakarta, dan dinyatakan sehat.

"(Tukang cukur) itu sudah teliti oleh pengawal KPK, sudah diteliti betul dan sudah di-screening. Saya juga terima kasih bisa potong rambut sebulan sekali, biasa saya potong dua minggu sekali," kata dia.

Ia mengaku rambutnya memang cepat tumbuh.

"Cepat panjang, ya itulah belajar, dari bawah sekarang belajar lagi di bawah. Belajar ngepel lagi, nyapu lagi," kata dia.

Tahanan lain, menurut dia, juga dicukur rambutnya.

"Sesuai dengan apa yang diputuskan pihak internal yang ada di rutan, tukang cukur yang perempuan juga dengan perempuan yang laki-laki dengan laki-laki," kata dia.

Ia mengaku tidak punya potongan rambut model tertentu.

"Ya ngikutin tukang cukur saja. Mau ajukan permintaan juga susah, ya ini salah satunya. Baru kali ini pake gaya rambut begini," kata dia.

Potongan rambut Setnov memang terlihat lebih pendek dibanding sebelumnya dengan bagian samping lebih tipis dibanding bagian atas.

"Ya ini sudah potongan gaya anak muda, biar tidak kelihatan susah ya," kata dia. 

Pewarta: Desca Natalia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018