Jakarta (ANTARA News) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menerima penghargaan "Lifetime Achievement Award" dari Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (LM FEB UI).

Siaran pers Kementerian ESDM di Jakarta, Kamis menyebutkan penghargaan bergengsi tersebut diberikan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada peringatan Ulang Tahun Ke-55 LM FEB UI di Jakarta, Rabu (17/1).

Penghargaan diberikan atas dedikasi dan sumbangsih Jonan terhadap manajemen di Indonesia, khususnya manajemen perubahan (change management).

"Pak Jonan ini seorang yang pantas mendapatkan penghargaan ini. Beliau mulai dari profesional di bidang keuangan, kemudian menjadi Direktur Utama PT KAI (Kereta Api Indonesia) dan bisa menjadikan PT KAI sebagai perusahaan yang maju dan dikagumi banyak orang. Kemudian menjadi Menteri Perhubungan dan sekarang Menteri ESDM," kata Wapres Kalla.

Penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas karya terhadap bangsa tersebut sangat penting bagi Menteri Jonan dan para penerima penghargaan lainnya yaitu Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Tanri Abeng dan Guru Besar UI Dorodjatun Kuntjoro-Jakti.

Usai menerima penghargaan tersebut, Jonan mengatakan bahwa menjadi pemimpin itu yang penting adalah memberi contoh.

"Intinya, kalau saya, kalau kita memimpin tapi tidak punya apa-apa, pengetahuan tidak punya, kemampuan teknis tidak punya, semua tidak punya, maka satu yang tidak boleh tidak punya yakni leadership itu by example, jadi kasih contoh, itu saja," ujarnya.

"Karena sebenarnya memimpin itu ilmunya tiga kalau menurut saya. Satu menyuruh, dua marah, dan tiga itu memuji. Kalau belajar manajemen dan sebagainya itu, untuk jadi administrator. Tapi, kalau mau jadi pemimpin, jadi komandan, maka ilmunya cuma tiga itu. Selesai," tutur Jonan.

Pada kesempatan itu, Jonan memberikan selamat kepada LM FEB UI.

"Selamat ulang tahun kepada LM FEB UI yang ke-55. Harus selalu bermanfaat bagi bangsa dan terus ciptakan karya karya terbaik bagi negeri," ujar Jonan.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018