Jakarta (ANTARA News) - Calon Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto minta didoakan agar bisa menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR dengan baik pada Rabu.

"Tolong doakan saya agar nanti melaksanakan uji kelayakan semuanya berjalan lancar," kata Hadi di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Ia tidak menyampaikan banyak pernyataan sebelum menjalani uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Panglima TNI, hanya menekankan bahwa uji kelayakan dan kepatutan itu sangat penting baginya.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo bersama Kepala Staf Angkatan Darat dan Kepala Staf Angkatan Laut mengantarkan Hadi ke kompleks parlemen untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan.

Gatot mengatakan kehadirannya bersama KSAD dan KSAL menunjukkan bahwa para senior siap dipimpin Hadi apabila disetujui DPR menjadi Panglima TNI.

"Saya sebagai Panglima TNI menjadi kebanggaan bahwa Presiden memilih di antara KSAD, KSAL, dan KSAU, maka sepantasnya saya mengantar ke sini," ujarnya.

Wakil Ketua Komisi I DPR TB. Hasanuddin pada Selasa mengatakan proses uji kelayakan dan kepatutan akan didahului dengan pemeriksaan administratif dan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan visi-misi secara terbuka. Setelahnya, menurut dia, DPR akan melakukan pendalaman secara tertutup karena kemungkinan banyak hal yang sifatnya rahasia.



Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017