Jakarta (ANTARA News) - Dua film anak bangsa "The Seen and Unseen" karya Kamila Andini dan "Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak" karya Mouly Surya meraih penghargaan dalam Tokyo Filmex International Film Festival.

"Untuk pertama kalinya film Indonesia masuk dalam kompetisi Tokyo Filmex International Film Festival @tokyofilmex dan ada dua! Dan coba tebak, kami berdua memenangkan Grand Prize!," tulis @moulysurya dalam keterangan foto yang dia unggah di akun Instagramnya.

"Sangat bangga dapat berbagi penghargaan ini dengan sesama sutradara perempuan @kamilandini dengan filmnya yang indah @theseenandunseen. Selamat untuk kita dan untuk perfilman Indonesia," sambung Mouly.

Dalam foto tersebut nampak Mouly bersama Kamila memegang semacam pelakat penghargaan dari Tokyo Filmex International Film Festival.

Keberhasilan keduanya menarik sejumlah media asing, termasuk laman Variety. "Kedua sutradara yang menang adalah wanita Indonesia yang filmnya telah berkeliling di rangkaian festival internasional," catat Variety.

"The Seen and Unseen" telah diputar di Vancouver, Toronto dan Busan, sementara "Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak" memulai debutnya di Festival Film Cannes.

Tidak hanya media asing, keberhasilan dua sineas Tanah Air tersebut juga membuat sutradara Joko Anwar bangga.

"Sementara banyak film Indonesia dibuat dengan asal, abaikan teknis apalagi estetika, hanya coba ambil duit penonton, beruntung masih ada filmmaker yg bikin film dgn skill tinggi dan sepenuh hati seperti @kamilandini dan @moulysurya," cuit @jokoanwar.

Begitu pula dengan aktor dan aktris Indonesia, seperti Joe Taslim, Dian Sastrowardoyo dan Marsha Timothy yang mengucapkan selamat pada Mouly Surya dan Kamila Andini.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017