Binjai, Sumut (ANTARA News) - Sebanyak 32 rumah yang berada dikawasan padat penduduk jalan Ikan Tenggiri, jalan Suratin Kelurahan Timbang Langkat Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatera Utara, musnah terbakar, dengan kerugian mencapai ratusan juta.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Binjai Ahmad Yani, di Binjai, Selasa.

Ahmad Yani menyampaikan kejadian kebakaran yang terjadi di daerahnya itu sekitar pukul 12.00 WIB. Api begitu cepat menyambar pemukiman warga sehingga 32 rumah hangus terbakar, padahal pihaknya mengerahkan 10 mobil pemadam kebakaran untuk bisa memadamkan api.

Namun karena angin kencang dan banyaknya bangunan yang terbuat dari kayu membuat api cepat membesar dan menghaguskan puluhan rumah warga itu, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta, katanya.

Ia juga menyampaikan setelah satu jam berjuang akhirnya api yang menganguskan rumah warga itu berhasil dipadamkan untuk sementara dugaan penyebab kejadian kebakaran itu masih dalam penyelidikan pihak berwajib.

Ucok salah seorang warga mengatakan api pertama kali terlihat dari salah satu rumah warga. Sebelumnya warga mendengar ada ledakan tabung gas, setelah itu api muncul dan membesar hingga menghanguskan puluhan rumah warga.

"Sebelum terbakar ada ledakan, kami perkirakan api berasal dari tabung gas, karena ada suara ledakan," katanya.

Petugas BPBD Binjai mengerahkan 10 unit mobil pemadam kebakaran dibantu warga, polisi, akhirnya api bisa dipadamkan, sebutnya.

Pewarta: H.Imam Fauzi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017