7 KK dari Yogyakarta transmigrasi ke Sulawesi-Sumatera

Yogyakarta (ANTARA News) - Tujuh kepala keluarga yang sudah terdaftar sebagai transmigran asal Kota Yogyakarta akan diberangkatkan ke Sulewesi dan Sumatera pada Desember.

"Berdasarkan informasi sementara yang kami terima, pemberangkatan transmigran dari DIY termasuk di dalamnya transmigran asal Kota Yogyakarta akan dilakukan paling lambat pekan ketiga Desember," kata Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Lucy Irawati di Yogyakarta, Minggu.

Sebanyak tujuh kepala keluarga asal Kota Yogyakarta yang terdaftar sebagai transmigran akan ditempatkan di tiga lokasi yang berada di Sulawesi dan Sumatera.

Dua kepala keluarga (KK) akan diberangkatkan ke Parudongka Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, dua KK ke Bukit Aren Gorontalo, dan tiga KK ke Keban Agung Lahat Sumatera Selatan.

Lucy memastikan, seluruh transmigran asal Kota Yogyakarta sudah siap diberangkatkan ke daerah tujuan karena sudah menjalani berbagai pelatihan keterampilan pertanian, dan memperoleh pembekalan informasi mengenai daerah tujuan serta motivasi sebagai transmigran.

"Transmigran yang akan diberangkatkan memang memiliki keinginan untuk bertransmigrasi. Harapannya, mereka bisa memperoleh kehidupan yang lebih baik di daerah transmigran," katanya.

Selain tempat tinggal seluas 250 meter persegi, setiap transmigran akan memperoleh lahan pekarangan dan pertanian untuk diolah dengan total luas lahan dua hektare.

"Kami akan mengawal keabsahan hak atas tanah yang ditempati transmigran. Terkadang, sertifikat atas lahan untuk tiap transmigran belum jadi saat mereka sudah tinggal di lokasi. Keberadaan sertifikat ini harus dikawal hingga tuntas," kata Lucy.

Secara umun, lanjut Lucy, sudah tidak banyak transmigran asal Kota Yogyakarta yang memilih pulang ke Yogyakarta. "Kami selalu melakukan komunikasi dengan mereka, dan terkadang menjenguk transmigran. Sudah tidak banyak yang pulang karena merasa betah di lokasi transmigran," katanya.

Sementara itu, pada 2018 Pemerintah Kota Yogyakarta menargetkan memberangkatkan 12 kepala keluarga sebagai transmigran. Sejumlah calon lokasi yang sudah disurvei di antaranya adalah Lemandau Kalimantan Tengah.
Pewarta : Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2017